Fungsi Dan Cara Memakai Layer Photoshop

Assalamualaikum. pada pertemuan ini, grafis-media akan menunjukkan tutorial dasar photoshop. sangat cocok untuk pemula yang gres memulai mencar ilmu photoshop. adapun tema tutorialnya "Fungsi dan Cara memakai layer photoshop". teman akan mengerti fungsi pada tiap fitur yang ada pada layer panel. kemudian diarahkan menuju latihannya supaya lebih faham lagi penerapannya. alasannya setiap icon yang ada pada layer panel, mempunyai fungsi masing masing. 

Secara umum, layer yaitu element yang berfungsi membedakan dengan elemen lainnya pada aplikasi photoshop. dengan adanya layer, gambar tidak akan berpadu melainkan terpisah namun tetap terlihat menyatu. setiap gambar yang dimasukkan ke photoshop, niscaya akan membentuk layer gres dengan sendirinya. kita juga sanggup menunjukkan pengaturan terhadap layer tersebut untuk menghasilkan dampak tertentu.

Fungsi Dan Cara Menggunakan Layer Photoshop

Dalam aplikasi photoshop, letak layer berada pada Layer Panel Photoshop. Layer panel yaitu kotak dimana terdapat beberapa icon untuk mengatur layer didalamnya. dibawah ini, aku sudah menunjukkan nomor pada tiap fitur dalam layer panel. silahkan lihat fungsi masing masing fitur pada layer panel tersebut serta cara menggunakannya.

Sebelum memulai, teman harus tahu dulu cara menampilkan layer panel photoshop. pergi ke sajian Windows - Layers. atau sanggup tekan F7. 
media akan menunjukkan tutorial dasar photoshop Fungsi Dan Cara Menggunakan Layer Photoshop
Bagian bab Layer Photoshop

1. Kind berfungsi untuk mencari layer sesuai kategori. contohnya ketika kita mempunyai layer yang banyak pada pekerjaan. maka denga memakai Kind teman sanggup mencari layer secara spesifik contohnya mencari layer dari nama,effect, dll.

2. Blending Layer berfungsi untuk menunjukkan dampak pencampuran pada layer satu dengan lainnya. contohnya ketika teman mempunyai dua layer, coba berikan blend Multiply pada layer paling atas, niscaya kedua layer tersebut akan terlihat menyatu. Blend Layer mempunyai beberapa pilihan yang masing masing punya cirikhas.

3. Lock Layer berfungsi untuk mengunci layer. terdapat 4 kategori yaitu, Lock transparent pixel, Lock pixel, Lock Position dan Lock all. masing masing mempunyai fungsi. contohnya Lock position berkhasiat mengunci layer semoga tidak sanggup bergerak. 

Lock layer memang sangat berkhasiat pada ketika tertentu. sehingga proses pekerjaan lebih terstruktur dan bab layer lainnya tidak terganggu.

4. Visibility fungsinya untuk menciptakan layer terlihat dan tidak terlihat. cukup klik di ikon mata tersebut.

5. Opacity berfungsi untuk menciptakan layer terlihat transparan. semakin kecil nilai persennya maka semakin transparan gambar yang ada, kalau sudah 0% berarti gambar tidak terlihat lagi.

6. Fill fungsinya sama dengan Opacity. namun ketika teman memakai layer style / blending options, maka berapapun nilai Fill yang diberikan tidak akan berdampak pada gambar. contohnya menunjukkan Drop Shadow pada layer. kemudian kurangi Fill nya. niscaya dampak Drop shadow tidak terganggu.

7. Adjustment Layer berfungsi untuk mengatur kualitas warna pada gambar. kita sanggup menentukan adjusment mana yang di inginkan. untuk menggunakannya, klik icon pada nomor 13.

8. Layer Smart Object berfungsi semoga ketika menunjukkan dampak pada layer gambar utama tidak terganggu, namun dampak tetap terlihat. kita juga sanggup menunjukkan beberapa dampak secara bersamaan dan sanggup mengatur ulang dampak tersebut. aku sudah kupas tuntas wacana bahan ini pada pertemuan sebelumnya.

9. Layer, ini yaitu bentuk dari layer secara umum. sementara gambar kotak tersebut disebut Layer Thumbnail. citra kecil terhadap layer. layer thumbnail juga ada fungsinya, yaitu kita sanggup seleksi layer secara mudah. coba tahan CTRL kemudian klik layer thumbnail, maka layer akan terseleksi secara keseluruhan.  Coba ikuti tutorial "cara menciptakan dampak goresan pena unik di photoshop" disana terdapat trik memakai layer thumbnail untuk menyeleksi.

10. Layer Background - ketika menciptakan foto pertama pada photoshop, niscaya nama layer kita otomatis menjadi Background dan modenya terkunci.

11. Add Layer Style - Untuk menambahkan dampak pada layer. mulai dari Stroke,inner shadow, dll. alternatifnya yaitu dengan klik kanan pada layer kemudian pilih Blending Options. untuk latihan menggunakannya, lihat tutorial "cara menciptakan tombol di photoshop". teman akan melihat fungsi sesungguhnya dari layer style.

12. Add Layer Mask berfungsi untuk menambahkan layer mask pada layer utama. untuk lebih mengetahui fungsi layer mask, silahkan lihat tutorial "teknik masking photoshop".

13. Add Fill & Adjusment Layer - pilihan untuk menambahkan adjusment layer. sesudah terpilih maka bentuknya akan menyerupai nomor 7.

14. Create New Group berfungsi untuk menciptakan layer menjadi satu grup. kita sanggup menyatukan beberapa layer sekaligus dalam satu grup. grup sangat baik diterapkan jikalau layer sudah terlalu banyak. contohnya menciptakan brosur, pada bab atas kita mempunyai 7 layer dengan gambar berbeda. maka gabungkan saja semuanya dan beri nama "bagian atas". perintah keyboard menciptakan grup yaitu Ctrl + G, sementara untuk menciptakan grup menjadi pecah "Ctrl + Shift + G".

15. New Layer untuk menciptakan layer kosong baru. cara cepatnya yaitu dengan menekan Crtl + Shift + N. layer akan muncul diatas layer sebelumnya. kalau ingin layer muncul dibawah maka tahan Ctrl kemudian klik icon layer tersebut.

16. Delete Layer berfungsi untuk menghapus layer yang di inginkan. tinggal pilih layer kemudian klik Icon Tong Sampah tersebut. atau sanggup juga, drag layer ke icon tersebut.

17. Layer Mask, kalau di nomor 12 kita sudah pilih. maka bentuk dari layer mask itu sendiri menyerupai ini.  akan tampil layer disamping layer utama. fungsi layer mask yaitu menyembunyikan bab gambar tertentu dengan sistem hitam putih.

18. Indicate Layer Effect - ketika sudah menambahkan dampak pada layer. maka icon ini akan tampil dibagian kanan. untuk menambahkannya cukup klik nomor 11 dan pilih mana yang mau digunakan.

Fitur lain pada layer yang terlihat ketika kita klik kanan yaitu Clipping Mask. fungsi layer clipping mask yaitu untuk menciptakan bentuk layer dibawah mengikuti layer diatas. latihannya lihat "cara menciptakan dampak coretan wajah di photoshop". teman akan diajar menciptakan bentuk wajah mengikuti bentuk coretan.

    Seperti itulah Fungsi dan cara memakai layer photoshop. masing masing memilki kelebihan untuk mengatur layer. kalau mau jago photoshop maka langkah awal memang harus menguasai penggunaan layer alasannya disinilah keutamaan dalam editing foto memakai photoshop. 
Lanjutkan tutorial dasar selanjutnya dengan mengetahui tool seleksi photoshop.
Semoga sanggup membantu menambah ilmu photoshop sobatl terima kasih sudah berkunjung. Assalamualaikum.

0 Response to "Fungsi Dan Cara Memakai Layer Photoshop"

Posting Komentar