5 Tips Mencar Ilmu Desain Grafis Bagi Pemula

Assalamualaikum. 5 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula merupakan langkah sempurna untuk dipelajari biar sanggup menjadi desainer grafis secara otodidak. untuk memudahkan teman berguru desain grafis, maka pertemuan hari ini saya sudah merangkum bahan desain grafis. didalamnya sudah terdapat unsur penting dalam dunia desain. tidak usah takut untuk berguru desain grafis, alasannya yang kita perlukan hanyalah kemauan. di internet juga sudah banyak yang mengajarkan tutorial photoshop, kombinasi warna, tutorial coreldraw dan illustrator. tinggal diri sendiri yang harus ambil tindakan.

 merupakan langkah sempurna untuk dipelajari biar sanggup menjadi desainer grafis secara  5 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula

Memasuki Era Digital sekarang, desain grafis sudah merajai media seluruh dunia. mulai dari media promosi, media tv, media koran semuanya memakai jasa desain grafis. jadi, tunggu apalagi  ayo kita belajar desain grafis. keahlian desain grafis teman tidak ada habisnya. setiap hari, banyak yang membutuhkan desain.

Apa Itu Desain Grafis ?


Desain Grafis yakni bentuk perancangan memakai elemen visual ibarat gambar, goresan pena dan bentuk untuk memberikan informasi tertentu. dalam proses perancangan desain grafis, ada banyak konsep yang diterapkan sehingga menghasilkan produk desain menarik. konsep itu menurut kebutuhan masing-masing desainernya.

1. Mengetahui Vektor & Bitmap

Dalam dunia desain grafis dibagi menjadi 2, yaitu vektor dan bitmap. kedua jenis desain tersebut mempunyai perbedaan. ada software yang dibentuk khusus untuk menciptakan desain vektor (vector) ibarat coreldraw dan aplikasi untuk desain bitmap ibarat photoshop. lebih jelasnya lihat dibawah ini:

Pengertian Vektor

Vektor yakni nama format dari file grafis yang terdiri dari titik-titik, masing masing mempunyai kordinat x dan y. setiap titik ini bergabung sehingga membentuk garis ataupun kurva dan selanjutnya menjadi sebuah objek. saat membuka gambar vektor pada aplikasi illustrator, tidak akan pecah atau terjadi blur walaupun diperbesar.
 merupakan langkah sempurna untuk dipelajari biar sanggup menjadi desainer grafis secara  5 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula
Images via printcnx.com

Gambar vektor punya islitah lain yaitu Point. dimana point yakni titik atau node yang saling terhubung (dihubungkan) untuk membentuk objek tertentu. point ini sanggup dihapus jikalau tidak diinginkan dan sanggup di tambahkan pula. selain itu point sanggup di pindahkan sesuai harapan saat menginginkan bentuk tertentu.

Dari klarifikasi diatas diambil kesimpulan bahwa, Aplikasi pembuat vektor memang paling pas untuk menciptakan logo, poster dan sejenisnya. coba teman lihat logo-logo yang ada di internet, rata-rata tidak ada pinggiran logo yang berangasan alasannya kualitas output vektor memang tinggi. gambar dikomputer saat di print out akan sama.

Contoh Desain Grafis Bentuk Vektor:
  • WPAP
  • Illustrasi
  • Infographic
  • Logo
  • Font
  • Patter "corak"
  • Poster, kartu nama dll
  • Desain website 
Format file vektorpun berbeda beda, tergantung aplikasi vektor mana yang digunakan. 
  • CDR (Compact Disk Recorder), Format orisinil coreldraw.
  • AI, fomat hasil pengolahan aplikasi Adobe Illustrator.
  • DWG (Drawing) - format file memakai aplikasi autocad.

Pengertian Bitmap atau Raster

Gambar Bitmap atau sanggup juga disebut Gambar Raster adalah format gambar yang teridiri dari kumpulan pixel (titik kecil persegi) yang membentuk sebuah gambar. pixel ini sanggup berbeda beda warnanya tergantung objeknya. gambar bitmap berbeda dengan vektor, jikalau diperbesar maka akan pecah atau hilang kualitasnya. namun kalau diperkecil akan lebih baik, alasannya piksel didalamnya semakin rapat.
 merupakan langkah sempurna untuk dipelajari biar sanggup menjadi desainer grafis secara  5 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula

Jadi kalau teman pernah mendengar foto ukuran 1000x1000 pixels, itu berarti foto tersebut terdiri dari 1000 titik warna di kalikan dengan 1000 titik warna menjadi 1 Mega Pixels (MB). jikalau kamera Handphone mu 16 Megapixels berarti kualitasnya termasuk tinggi atau HD.

Berikut Format Gambar Raster Terpopuler :
  • Jpeg (Joint Photographic Expert Group) yakni fomat gambar paling terkenal diseluruh dunia.
  • PNG (Portable Network Graphic) merupakan format gambar memakai sistem kompresi yang menciptakan bab transparan. 
  • Gif (Graphic Interchange Format) format gambar yang sanggup bergerak. skala kecil dari video. tersusun dari beberapa frame yang terputas dengan sendirinya.
  • TIFF (Tagged Image File Format) memungkinkan format gambar yang tidak hilang kualitasnya. banyak digunakan dalam desain spanduk dan baliho berukuran besar.
  • PDF (Portable Document Format) merupakan file gambar yang sanggup menyimpa vektor dan bitmap. harus mempunyai aplikasi pembuka gambar pdf. cocok untuk print out file berkualitas tingi.
  • PSD (Photoshop Document) yakni file orisinil saat disimpan dengan aplikasi photoshop. 

Perbedaan Vektor Dan Bitmap 

Dari klarifikasi diatas, kita sudah mengetahui apa itu vektor dan apa itu bitmap. nah kini waktunya untuk melihat perbedaan antara keduanya. berikut saya berikan gambar ilustrasinya:
 merupakan langkah sempurna untuk dipelajari biar sanggup menjadi desainer grafis secara  5 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula

Sudah kelihatan kan perbedaanya. vektor jikalau diperbesar masih tetap terlihat normal, namun Bitmap akan menjadi blur kalau sudah diperbesar.

2. Pelajari Warna dan Perpaduan Warna

Untuk menjadi desainer kita wajib mempelajari Warna dan Perpaduan Warna. alasannya setiap desain niscaya memerlukan element warna didalamnya. warna akan memperlihatkan nuansa pada desain, menciptakan desain lebih menarik, dan sanggup memperlihatkan imbas psikologi pada orang yang melihatnya.
 merupakan langkah sempurna untuk dipelajari biar sanggup menjadi desainer grafis secara  5 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula
image combination from google image

Selain itu warna juga sanggup memberika cirikhas ataupun karakteristik pada sebuah desain. misalnya desain WPAP (wedas pop art) mempunyai cirikhas warna warni dan terbentuk dari kumpulan garis lurus.

Sudah banyak bahan wacana warna yang sanggup teman temukan di internet. mulai dari teori warna, nama-nama warna, kategori warna serta cara menciptakan kombinasi warna. blog ini juga menyediakan beberapa bahan wacana pengertian warna. silahkan mulai dari Warna primer, sekunder dan tersier.

3. Pelajari Aplikasi Desain Grafis Terpopuler

Sejak abad digital dimulai, aplikasi grafis sudah merajai dunia desain. Sudah aneka macam software aplikasi desain grafis yang sanggup digunakan untuk berguru desain. namun ada beberapa aplikasi yang paling sering digunakan dan mempunyai pengguna terbanyak, yaitu Adobe Photoshop yang dibentuk oleh perusahaan Adobe. kita sanggup menciptakan logo, vektor, wallpaper, background, ilustrasi, gambar 3d dll yang dengan aplikasi tersebut.

Ada lagi beberapa aplikasi yang sangat dekat di indonesia yaitu Coredraw dan Adobe Illustator. kedua aplikasi ini dikhususkan untuk menciptakan vektor, ibarat logo, baliho, brosur dan masih banyak lagi. 

Berikut saya berikan tumpuan wacana aplikasi desain grafis terbaik yang harus diketahui:

1. Adobe Photoshop

Photoshop yakni aplikasi yang paling banyak digunakan oleh desainer diseluruh dunia. ada yang menyampaikan "Jangan bilang ia desainer kalau tidak tahu pakai photoshop". mulai dari anak muda hingga sampaumur spasti kenal dengan aplikasi tersebut. kalau mau berguru desain grafis, harus tahu photoshop dulu.
 merupakan langkah sempurna untuk dipelajari biar sanggup menjadi desainer grafis secara  5 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula

Ada banya yang sanggup kita hasilkan dengan photoshop, diantaranya : mengedit foto, manipulasi, menciptakan wallpaper dan background, corak, undangan, template website, imbas teks, gambar 3D, dan masih banyak lagi yang sanggup dilakukan dengan dengan photoshop. fungsi photoshop yang paling terkenal yakni untuk menciptakan pas foto.

Jika ingin berguru photoshop, blog https://www.ngeeneet.com/ sudah menyediakan kumpulan tutorial photoshop dasar hingga mahir

Alternatif aplikasi selain photoshop

  • Sketch

Aplikasi Sketch merupakan aplikasi yang sangat ibarat dengan photoshop. aplikasi ini juga menyediakan fitur gradient, layer, pengaturan warna, style dan lain-lain. sudah banyak desainer terkenal memakai Sketch untuk menciptakan desain grafis. 

  • Gimp

Gimp merupakan software desain grafis yang sanggup digunakan secara gratis berbasis open source. GIMP yakni abreviasi dari GNU Image Manipulation Program. aplikasi ini sanggup digunakan pada perangkat Windows, Macintos, dan linux.

Kalau teman tidak punya banyak uang untuk membeli produk "adobe photoshop" maka gimp memang pilihan terbaik. soalnya fitur yang ada ibarat dengan photoshop. kita juga sanggup menciptakan wallpaper, ilstrasi, logo, poster dan masih banyak lagi dengan gimp.

2. CorelDraw

Siapa yang tidak kenal Coreldraw, Program desain grafis khusus menciptakan vektor ini sudah merajai dunia Advertising Indonesia. setiap daerah percetakan diseluruh Nusantara memakai Coreldraw untuk menciptakan desain grafis. saya yakin, teman niscaya kenal jadi nggak usah ketawa dalam hati hehe.
 merupakan langkah sempurna untuk dipelajari biar sanggup menjadi desainer grafis secara  5 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula

Fungsi Coredraw juga bermacam-macam, namun yang paling utama yakni untuk menciptakan banner, logo, spanduk, billiboard, stiker, dan sebagainya. 

3. Adobe Illustrator

Aplikasi Adobe Illustrator fungsinya sama dengan coreldraw, yaitu untuk menciptakan gambar vektor. perbedaanya cuma ada di tampilan dan fitur pada aplikasinya. masing-masing mempunyai kelebihan. namun tampilan Illustrator sangat ibarat dengan photoshop. jadi kalau sudah terbiasa pakai adobe photoshop maka tidak akan sulit mempelajari aplikasi ini. selain itu kita sanggup memadukan antara photoshop dan illustrator untuk memudahkan dalam menciptakan desain.
 merupakan langkah sempurna untuk dipelajari biar sanggup menjadi desainer grafis secara  5 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula

Membuat macam-macam bentuk vektor dan shape, illustrator memang rajanya. mulai dari menciptakan desain UI (user interface), desain flat, tipografi, menciptakan font, corak, dan lain-lain. tergantung hingga dimana imajinasi dan cara mendesain kita.

4. Paint

Pasti teman semua heran, kok saya masukan paint pada daftar ini. Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi Microsoft Paint atau biasa disebut Paint. software desain grafis apa adanya ini merupakan bawaan dari Windows, jadi memang setiap pengguna windows niscaya punya Paint. istilahnya "saya selalu ada untuk kamu, tapi kamunya aja yang malas pakai aku". itulah kalimat dari software tersebut.
 merupakan langkah sempurna untuk dipelajari biar sanggup menjadi desainer grafis secara  5 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula
tampilan paint windows 10

Perlu kalian ketahui, kalau Paint sudah ada semenjak keluaran pertama Windows, yaitu tahun 1985. jadi sanggup dikatakan Aplikasi paint merupakan aplikasi desain grafis tertua. nenek moyangnya photoshop.

Walaupun fitur yang ada pada paint sederhana, namun tidak akan pernah sanggup membatasi seseorang yang kreatif.

4. Kunjungi Situs Tutorial Desain Grafis Untuk Pemula Terlengkap

Setelah mengetahui beberapa unsur terpenting dalam berguru desain grafis. maka waktunya untuk mencari tutorial memakai Aplikasi tersebut. bagi yang ingin berguru desain grafis secara belajar sendiri (mandiri), saya akan memperlihatkan tumpuan situs terbaik berguru desain grafis untuk pemula hingga mahir.

Berikut situs terbaik untuk berguru desain grafis yang paling populer:
  • Design Tutsplus, situs yang memperlihatkan tutorial desain grafis paling lengkap. baik itu tutorial photoshop, corel draw, dan ilustrator. 
  • Ilmu Grafis, orisinil situs indonesia.
  • Youtube, Kalau mau berguru desain grafis versi video inilah tempatnya. semuanya ada di youtube, mulai dari menciptakan poster, logo, manipulasi dll.

5. Mencari Inspirasi Desain Grafis

Selain mengetahui beberapa unsur desain grafis, maka teman juga harus mencari ide desain grafis. caranya dengan melihat hasil karya orang-orang yang sudah sukses. mendapat ide itu susah, jadi kita dituntut banyak-banyak mencari ide sebelum menciptakan desain. saya sudah posting Situs Inspirasi Desain Grafis pada pertemuan sebelumnya. silahkan lihat.

Penutup

Sampai disini teman sudah berhasil mengetahui langkah apa yang harus dilakukan untuk berguru desain grafis. pada dasarnya belajarlah dengan ulet dan semangat. jangan gampang putus asa, alasannya akhirnya niscaya akan menambah uang saku.
Panduan Cara menciptakan doodle art pemula
Terima kasih sudah berkunjung, semoga "5 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula" bermanfaat yah. jangan lupa update terus seputar dunia desain grafis di blog ini.  Safri ST mohon undur diri, Assalamualaikum.

0 Response to "5 Tips Mencar Ilmu Desain Grafis Bagi Pemula"

Posting Komentar