Pengertian Digital Native Dan Digital Immigrant

Era Digital Native dan Digital Immigrant | Istilah Digital Native yang akan menciptakan kita sadar akan perbedaan orang jaman dulu dan jaman kini terhadap semua aktifitas kehidupan. istilah ini pertama diciptakan oleh Marc Prensky di tahun 2001. beliau menulis artikel berjudul "Digital native, Digital Immigrant". Dia menjelaskan "kedatangan dan penyebaran teknologi yang begitu cepat di final masa ke-20" menciptakan cara berpikir siswa lebih maju dan susah mendapatkan isu dengan metode lama.
Era Digital Native dan Digital Immigrant  Pengertian Digital Native dan Digital Immigrant
Illustrasi digital immigrant ke digital native

Apa itu Digital Native dan Immigrant Native ?


Digital Native yakni generasi insan yang lahir disaat era digital sudah berlangsung dan berkembang pesat. kelompok insan ini memulai mencar ilmu memakai perangkat digital, menyerupai komputer, internet, handphone atau smartphone, mp3 dan masih banyak. tidak sama menyerupai orang renta kita dulu, mereka masih mencar ilmu menulis dan mengenal dunia dengan apa adanya.

Adapun ciri-ciri digital native yakni sebagai berikut:

Memiliki Banyak Kebebasan
Pada dunia nyata, banyak tekanan yang tiba sebab aktifitas sosial. namun pada dunia digital, mereka tidak punya pilihan untuk terkekang. sebab terdapat banyak haluan dalam dunia digital. contohnya menciptakan akun media umum di facebook untuk berinteraksi bersama orang-orang yang bisa mengerti pemikirannya.

Lebih Banyak  Hiburan
Di dunia digital kita bisa mendapatkan banyak sekali macam bentuk hiburan. mulai dari video, game, mp3, game online dan masih banyak lagi.

Mudah Berekspresi
Tidak ada lagi keterbatasan lisan dalam era digital. mulai dari dunia desain grafis, arsitektur, fotografi hingga hal-hal sekecil apapun bisa kita ekspresikan. perlengkapan digital lah yang menunjang semua itu. canggihnya perangkat pada era digital, sudah bisa memperlihatkan sarana bagi mereka yang mau mengekspresikan pandangan gres dan gagasan.

Serba Instan
Teknologi memang dibentuk untuk mempermudah aktifitas manusia. itulah yang terjadi pada era digital native. setiap harinya terdapat penemuan gres yang menciptakan generasi ini terbiasa dengan hal instan. contohnya mengirim pesan. dulu sih masih pakai surat dan handphone. kini sudah bisa chatting eksklusif pakai bbm. bisa video call pula.

Kata "rindu" di era digital native sudah tidak sama nikmatnya pada jaman 90-an.

Sedangkan Digital Immigrant yakni generasi yang hidup sebelum generasi digital belum begitu berkembang. orang yang hidup digenerasi ini, harus menyesuaikan diri dengan berkembangnya teknologi. sehingga banyak dari mereka terlihat gaptek. misalnya: orang renta berumur dan kakek nenek.

Fenomena "Digital native vs Digital immigrant"

Setelah mengetahui dua pengertian dari kolompok insan diatas. maka kita akan lanjut ke referensi masalah yang terjadi antara kelompok digital native dan digital immigrant. sudah banyak fenomena terjadi, ada yang kita sadari dan ada yang tidak.

Proses Belajar Mengajar
Pernahkah kalian diajar dengan guru atau dosen yang umurnya sudah tua. kira-kira kelahiran 50-an. rata-rata mereka belum begitu faham perihal teknologi. sehingga apa yang diajarkan masih mengacu pada sistem jaman dulu. inilah yang sulit diterima oleh otak anak sekarang. inilah duduk kasus bagi para digital immigrant, yang berupaya menyesuaikan diri dengan berkembangnya teknologi.

Dunia Desain
Banyak diantara insan yang hidup di era digital native, tidak menyadari akan sulitnya hidup di era digital immigrant. begitupun sebaliknya. padahal keduanya memilki kelebihan dan kekurangan. referensi kecilnya yakni menciptakan lukisan. pada jaman 80-an orang masih memakai alat manual, yaitu kuas, cat air dll. sementara di era digital, kita sudah bisa menghasilkan karya menarik hanya dengan aplikasi photoshop kemudian di print memakai printer khusus.

Sebenarnya masih banyak lagi contohnya, tapi dua referensi diatas sudah bisa memperlihatkan gambar perihal fenomena sebetulnya pada dua kelompok insan tersebut.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_native
Related Posts