Ternyata Ini Arti 8 Warna Yang Ada Di Dalam Peta

Assalamualaikum, jumpa lagi sahabat di blog grafis-media. kali ini saya akan membahas wacana "Arti Warna Pada Peta".Idealnya sebuah peta umum niscaya mempunyai warna-warna tertantu yang digunakan sebagai sarana untuk melengkapi simbol. Adanya simbol dalam bentuk warna yang ada di dalam peta bermanfaat untuk memberi pesan yang akan disampaikan kepada semua pengguna peta. 

Selain faktor di atas, penggunaan simbol warna di dalam peta juga mempunyai kegunaan untuk memperlihatkan kesan menarik dan menciptakan tingkat kontras yang akan menciptakan gambar peta menjadi lebih gampang untuk dilihat.

Di dalam praktiknya, tidak seluruh warna sanggup digunakan untuk dimasukan ke dalam peta yang ada. Sebab ada hanya beberapa warna yang telah diakui secara umum sebagai warna standar sebuah peta. standarisasi warna peta ini sudah digunakan oleh dunia maupun map indonesia.
Lihat juga : Arti warna berdasarkan kepribadian
Kartografi atau ilmu yang mempelajari pembuatan peta, paling ketat dalam urusan warna. soalnya beda warna maka berbeda juga artinya. 

Arti 8 Simbol Warna Pada Peta

Idealnya sebuah peta umum niscaya mempunyai warna  Ternyata Ini Arti 8 Warna yang Ada di Dalam Peta
Berikut penjelasannya lebih lanjut untuk kau semua.

1.Warna Merah dan Hitam


Di dalam sebuah peta, warna merah dan juga hitam sering kali digunakan sebagai warna untuk objek hasil kebudayaan manusia. Sebagai misalnya jalan, batas daerah, ibukota, rel kereta api, dan yang lainnya.

Selain itu warna merah dan hitam sering juga digunakan untuk mewakili sebuah gunung yang masih aktif atau pun yang tidak lagi aktif. Segitiga dengan warna merah menggambarkan sebuah gunung yang masih dalam keadaan aktif, sedangkan warna hitam merupakan gunung yang tidak lagi aktif.

2.Warna Hijau


Selanjutnya ada warna hijau yang termasuk dalam warna utama dan sering kali digunakan pada sebuah peta. Warna hijau pada peta memperlihatkan penampakan vegetasi yang ada di suatu wilayah.

Warna hijau juga sering kali digunakan untuk menggambarkan dataran rendah dengan tingkat ketinggian wilayah yang kurang dari 500 meter di atas permukaan laut.

Kemudian ada warna hijau bau tanah yang digunakan untuk dataran dengan ketinggian 0 – 100 mdpl serta warna hijau muda yang menggambarkan ketinggian 100 – 500 mdpl.

3.Warna Kuning, Oranye, dan Coklat


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dataran rendah digambarkan pada peta dengan memakai warna hijau. Sedangkan untuk menggambarkan dataran tinggi, warna yang digunakan yaitu warna kuning, oranye, dan juga coklat.

Ketiga warna di atas akan dibagi dalam beberapa tingkatan sesuai dengan tingkat ketinggian dari masing-masing dataran tinggi.

Pertama ada warna kuning muda yang menggambarkan dataran tinggi dengan ketinggian 500 – 1000 mdpl. Kedua ada warna kuning yang menggambarkan wilayah dengan ketinggian 1000 – 1500 mdpl. Warna kuning bau tanah yang menggambarkan wilayah dengan ketinggian 1500 – 2000 mdpl. Keempat ada warna oranye muda yang menggambarkan wilayah dengan ketinggian 2000 – 2500 mdpl. Warna oranye bau tanah mewakili wilayah dengan ketinggian 2500 – 3000 mdpl. Terakhir ada warna coklat muda dan coklat bau tanah yang masing-masing menggambarkan wilayah dengan ketinggian 3000 – 3500 mdpl dan 3500-4000 mdpl.

4.Warna Biru


Selanjutnya ada warna biru yang digunakan untuk mewakili wilayah perairan oleh para pembuat peta. Wilayah perairan yang disimbolkan dengan warna biru mencakup laut, danau, sungai, dan juga waduk.

Warna biru yang ditampilkan pun mempunyai bermacam-macam kecerahan yang menandakan tingkat kedalaman dari wilayah perairan yang ada. Dengan semakin pekat warna biru yang ditampilkan pada peta, maka akan semakin dalam juga wilayah perairan tersebut.

5.Warna Putih


Simbol warna yang terakhir dan seringkali digunakan yaitu warna putih. Warna ini digunakan untuk mewakili penampakan dari lapisan es yang ada di permukaan bumi atau gletser. Lapisan es tersebut gampang ditemukan di wilayah yang ada di sekitar kutub bumi, baik kutub utara atau pun kutub selatan dan juga wilayah yang mempunyai ketinggian di atas 4000 mdpl.
: Cara mencampur warna menjadi bervariasi
Dengan demikian sangatlah masuk akal jikalau ketika kau melihat peta ibarat Gunung Himalaya atau pun Gunung Jayawijaya, maka kau akan mendapati warna putih yang menggambarkan wilayah tersebut.

Itulah 8 simbol warna yang banyak digunakan oleh para pembuat peta untuk menggambarkan kenampakan alam atau pun wilayah yang ada di bumi. Semoga dengan adanya info di atas sanggup menambah pengetahuan kau berkaitan dengan aneka macam simbol yang ada di peta.

0 Response to "Ternyata Ini Arti 8 Warna Yang Ada Di Dalam Peta"

Posting Komentar