Panduan Cara Menciptakan Doodle Art Untuk Pemula

Belajar Membuat Doodle Art Untuk Pemula | Cara Membuat doodle art bahwasanya tidak perlu kursus, melainkan kita sanggup berguru menggambar doodle art sendiri secara autodidak. lantaran gambar doodle art hanyalah citra ekspresi yang dituangkan ke media kertas. kita cukup melihat dan moncoba. mulailah dengan yang sederhana kemudian melangkah hingga doodle art yang tingkat kesulitannya tinggi. sebagai pemula, sobat harus baca baik-baik artikel ini, supaya lebih gampang faham perihal doode art dan proses pembuatannya.

Kepopuleran doodle art sudah merajai dunia internet. mulai dari sosial media hingga blog personal, banyak yang upload gambar doodle art buatan sendiri untuk dinilai oleh khalayak. sejalan dengan fenomena tersebut, jadinya banyak orang tertarik untuk meluangkan waktunya membuat doodle art. soalnya membuat doodle art itu bebas, kita sanggup ekspresikan imajinasi sekecil apapun itu. tidak ada batasan untuk menghasilkan karya seni doodle art. 

Apa Itu Doodle Art ?

Doodle Art adalah gambar yang dibentuk secara absurd dengan tujuan tertentu. ada yang membuat doodle art yang mempunyai makna, namun ada juga yang hanya sekedar ekspresikan coretan tangan sendiri. umumnya doodle art dibentuk diatas kertas polos.
Belajar Membuat Doodle Art Untuk Pemula  Panduan Cara Membuat Doodle Art Untuk Pemula
Doodle artby https://www.ngeeneet.com/

Membuat doodle art merupakan cara yang menyenangkan untuk mengekspresikan diri. terserah bentuk apa yang akan kita buat. selain itu, doodle art juga sanggup membantu kita melatih menggambar dan kalau hasilnya baik, sanggup disimpan sebagai portofolio desain.

Contoh doodle art yang paling sederhana yaitu coretan anak kecil disebuah dinding ataupu kertas. mereka hanya meluapkan imajinasi tanpa mengetahui makna dari coretannya tersebut. pola lainnya, ketika membuat coretan dibuku sekolah, kadang kita hanya menggambar tanpa tujuan tertentu.

Walaupun dasarnya doodle art yaitu mencoret secara tidak sengaja. tapi hasilnya, kini doodle art menjadi sangat terkenal disemua kalangan, bawah umur hingga dewasa.

Alat Dan Bahan Untuk Membuat Doodle Art

Sebagai pemula, sobat harus mengetahui dulu alat dan materi apa yang digunakan untuk membuat doodle art. jikalau ingin menjadi seniman doodle art berkualitas, tidak mesti mempunyai alat dan materi mahal. cukup yang standar, yang penting hasilnya menarik. 
Belajar Membuat Doodle Art Untuk Pemula  Panduan Cara Membuat Doodle Art Untuk Pemula
Alat dan materi membuat doodle art 
Berikut alat dan materi membuat doodle art yang sering digunakan:

1. Kertas

Sobat sanggup memakai kertas dalam bentuk buku sketsa, kertas grafis, hvs, dll. tergantung kenyamanan ketika menggambar. saran bidang lebih baik polos supaya doodle art sanggup lebih kelihatan.

2. Pensil & Penghapus

Pensil berfungsi sebagai bagan garang doodle art. supaya kalau ada yang salah sanggup dihapus lagi pakai penghapus. ketika sudah merasa matang, barulah di timpa dengan pulpen atau spidol. kalau masih pemula disarankan pakai pensil dulu. namun kalau sudah mahir, kayaknya tidak perlu lagi.

3. Pulpen 

Pulpen akan bekerja sebagai lapisan kedua sesudah bagan pakai pensil. sobat sanggup memakai pulpen dengan ketebalan tinta berbeda-beda, menyerupai : 0.2 atau 0.1 dan 0.5 hingga 0.8 tergantung selera saja. semakin tinggi nilainya maka garis yang dihasilkan pulpen akan lebih tebal.

4. Spidol, Stabilo

Untuk memperlihatkan sentuhan warna dan  ketebalan ataupun bayangan pada doodle art, gunakan spidol atau stabilo. ada aneka macam macam jenis warna yang sanggup kita pilih untuk menghaslilkan doodle art berwarna.

Belajar Membuat Karakter dan Bentuk Doodle Art

Sebelum membuat Doodle Art secara utuh, kita harus tahu dulu karakter dan bentuk apa yang akan digabungkan sehinggan menjadi Doodle art. oleh lantaran itu, latihan untuk membuat karakter doodle art sangatlah penting. 

Karakter doodle art memang sangat banyak kategorinya, mulai dari, karakter monster, bunga, makanan, cuaca, tumbuhan, karakter kartun, aksesoris, dan masih banyak lagi. jadi memang membutuhkan imajinasi untuk menghasilkannya. Sedangkan Bentuk doodle art juga bervariasi, kita sanggup membuat doodle art dari bentuk geometri, curva, ellipse, kotak, persegi dan lain-lain.

Kalau sudah memahami karakter dan bentuk apa saja yang sanggup menghasilkan doodle art, maka kita akan eksklusif latiha. disini saya berikan pola cara menggambar karakter kartun lucu.
  1. Gambar kepala bentuk lonjong
  2. Tambahkan 2 indera pendengaran diatasnya
  3. Buat matanya
  4. Warna matanya
  5. Buat garis untuk tubuh dan kaki
  6. Tambahkan tangan & selesai.
Belajar Membuat Doodle Art Untuk Pemula  Panduan Cara Membuat Doodle Art Untuk Pemula
Image via : www.youyix.com
Seperti itulah proses dalam membuat karakter doodle art. selebihnya sobat kembangkan sendiri, yang terpenting yaitu melatih imajinasi supaya doodle art sanggup seunik mungkin.

Untuk lebih memudahkan sobat, saya tunjukan lagi pola bentuk dasar karakter doodle art polos. yang nantinya sanggup ditambahkan ekspresi berbeda, menyerupai senyum, marah, tertawa, sinis, takut, sedih, dsb.
Belajar Membuat Doodle Art Untuk Pemula  Panduan Cara Membuat Doodle Art Untuk Pemula
Sumber gambar : kokonatman.tumblr.com

Diatas sudah terlihat terperinci antara bentuk dasar karakter doodle art dan disebelah kanan yaitu ekspresinya. jadi ketika menggambar, kita sanggup saja mendahulukan membuat bentuk tubuh kemudian terakhir memilih ekspresi mana yang di inginkan.

Cara Membuat Doodle Art Simple

Sebelum memulai cara membuat doodle art, ada beberapa unsur yang harus sobat ketahui. supaya punya dasar atau konsep desain yang sanggup membuat jiwa seni semakin tinggi. kalau sudah begitu, pastililah hasilnya akan sempurna. 

  • Inspirasi & Ide

Setiap karya seni yang menarik pastilah mempunyai wangsit ketika membuatnya. begitupun doodle art. perbanyaklah melihat hasil karya doodle art seniman lain. perhatikan secara mendetail bagaimana mereka menyusun bentuk doodle art tersebut. apa yang membuat doodle art itu sanggup terlihat menarik. ketika sering melihat niscaya ide akan tiba dengan sendirinya.

Kalau persoalan referensi, sobat tidak usah pusing. cukup gunakan internet kemudian carilah desain doodle art memakai google image. sudah banyak desain menarik di intenet yang sanggup kita jadikan inspirasi.

  • Tentukan Tema Doodle Art

Tema desain merupakan hal terpenting dalam membuat doodle art. contohnya ketika kita ingin membuat doodle art monster, mustahil karakter dan bentuk yang ada didalamnya yaitu buah-buahan. nah dengan memilih tema doodle art, maka kita sanggup mengumpulkan bentuk bentuk dari tema tersebut. contohnya Doodle art monster, buatlah kumpulan karakter doodle art monster dalam sebuah kertas supaya sanggup diingat. selanjuntnya nanti akan digunakan ketika sudah waktunya membuat doodle art.

  • Menciptakan Karakter & Bentuk


Setelah sekian banyak melihat karya doodle art di internet, niscaya sobat sanggup mengambil kesimpulan. bahwa karakter doodle art itu banyak sekali , lantaran pada dasarnya kita bebas membuat apa saja. jadi saran saya, ciptakan karakter gres yang unik. lantaran ini akan menjadi cirikhas dari desain doodle art sobat. 

Persaingan dalam karya seni itu tinggi sekali, alasannya yaitu setiap orang punya kreatifitas masing-masing. pokoknya jangan mau kalah dengan karakter menarik ciptaan seniman lain. buat sendiri doodle art kau yang mempunyai karatkter berbeda.

  • Merangkum Karakter & Bentuk

Setelah banyak melihat wangsit dan berhasil mendapat ide bentuk dari doodle art. maka buatlah rangkumannya supaya tidak dilupa. jadi ketika membuat doodle art akan lebih mudah, lantaran sudah ada rangkuman tersebut. tinggal menggambar ulang bentuk yang sudah ada, kemudian menyusunnya menjadi doodle art keren.

Waktunya untuk membuat doodle art simple dan sederhana. pada latihan ini, saya memperlihatkan proses pembuatan doodle art dalam bentuk video biar gampang dimengerti. pada video berikut sobat akan diajarkan step by step membuat doodle art, dimulai dari bawah hingga keatas. adapun alat dan bahannya yaitu kertas dan spidol/rapido yang mempunyai ketebalan sekitar 2mm.

Kalau sudah melihat pola diatas, tinggal latihan saja dirumah. walaupun hanya pakai pulpen biasa atau pensil pada dasarnya sobat berguru dulu. yang terpenting yaitu keterbiasaan kita dalam membuat dan menyusun doodle art.

Aplikasi Membuat Doodle Art

Untuk melangkah lebih ke jenjang profesional, maka sobat harus memasuki dunia desain grafis digital. membuat karya doodle art lebih berkualitas tinggi, mempunyai ukuran besar, sanggup dijadkan wallpaper & background ataupun dijual online. oleh lantaran itu, lanjutkan pengolahan gambar ke aplikasi desain grafis.

Setelah membuat doodle art pada kertas, sobat sanggup memakai aplikasi desain grafis untuk membuatnya lebih halus. kita sanggup menimpa doodle art tersebut kemudian membuatnya mempunyai kepadatan pixels yang tingi. niscaya akan lebih menarik kalau sudah di olah dengan aplikasi.

Berikut aplikasi yang sanggup digunakan untuk membuat doodle art digital:

1. Adobe Photoshop

Bagi yang sudah sering memakai photoshop, tidak ada salahnya mengedit doodle art kita dengan photoshop. kalau belum tahu, silahkan belajar photoshop dari dasar diblog ini.

2. Adobe Illustrator

3. Corel Draw


Cara Membuat Corel Draw Dengan Illustrator

Untuk membuktikan cara membuat doodle art pakai aplikasi, maka saya berikan satu pola memakai aplikasi illustrator. Video dibawah ini menjelaskan proses pembuatan doodle art memakai adobe illustrator. adapun langkahnya sebagai berikut:
  1. Membuat doodle art dikertas memakai pensil atau pulpen.
  2. Scan doodle art kedalam bentuk Jpg.
  3. Masukkan ke dalam illustrator.
  4. Mulailah menimpa garis dengan tools garis yang ada pada illustrator, hingga membentuk doodle art.
  5. Warnai sesuai selera.
  6. Save kedalam bentuk gambar apapun. sanggup jpg, png, tiff dll.  nah kini doodle art kita sudah siap.



Proses pembuatan doodle art dengan aplikasi grafis diatas, sanggup diterapkan pada Photoshop, Coreldraw ataupun aplikasi desain grafis lainnya. usahakan ketika scan hasil doodle art, diatur mempunyai 300dpi supaya tidak pecah dikala diedit.

Contoh Doodle Art

Doodle art nama

Berikut yaitu katergori doodle art nama karya Lei Milender. beliau mempublikasikannya di galer deviant art miliknya untuk dijadikan wangsit bagi orang lain. lihat contoh doodle art name selengkapnya.

Doodle art name merupakan citra doodle art yang dipadukan dengan goresan pena nama, merek, kata cinta dll. kita juga sanggup membuat bentuk abjad hasil kombinasi aneka macam macam karakter doodle art.
Belajar Membuat Doodle Art Untuk Pemula  Panduan Cara Membuat Doodle Art Untuk Pemula
Image via : leimelendres.deviantart.com

Doodle Art Bunga

Doodle art tema bunga karya hello angel yang diunggah blognya. doodle art bunga inspirasinya dari bunga itu sendiri. perbanyaklah rujukan perihal bentuk majemuk bunga, yang nanti akan dipadukan menjadi gambar doodle art.

Agar lebih memudahkan, saya berikan tips cara membuat doodle art bunga:
  • Kumpulkan bermacam-macan tipe bunga yang khas, contohnya mawar, bunga matahari, bunga tulip, bunga daisy dll.
  • Pelajari cara membuat bentuk macam-macam bunga tersebut.
  • Lihatlah desain doodle art bunga karya seniman lain untuk mendapat ide baru.
Belajar Membuat Doodle Art Untuk Pemula  Panduan Cara Membuat Doodle Art Untuk Pemula
Image via : www.helloangelcreative.com

Doodle Art Hewan

Salah satu wangsit desain yang tidak ada habisnya yaitu hewan. banyak tercipta karya seni dengan filosofi dari hewan, contohnya logo indosia dari ikan terbang, bangunan yang berbentuk burung karya santiago calatrava dll. begitu juga dengan doodle art, kita sanggup menghasilkan gambar doodle art berbentuk binatang sesuka hati.

Inilah cara membuat doodle art binatang untuk pemula:
  • Perbanyak melihat binatang biar mengetahui bentuk dasar binatang tersebut.
  • Gambarlah binatang yang paling sering dilihat setiap hari, biar gampang dibuat.
  • Padukan bentuk binatang dengan karakter doodle art, bentuk bunga, shape dan lainnya sehingga terlihat unik.
  • Berani memperlihatkan kombinasi warna pada doodle art, biar sanggup mengetahui warna apa yang cocok dipakai.
Belajar Membuat Doodle Art Untuk Pemula  Panduan Cara Membuat Doodle Art Untuk Pemula
Image via : www.helloangelcreative.com

Doodle art face (wajah)

Seni melukis wajah memang pailng sulit untuk dipelajari, lantaran kita harus bermain bayangan dan bentuk sempurna. namun kalau membuat doodle art wajah, tidak perlu khawatir mengenai detail tersebut. pada dasarnya kita bebas, dan wajah pada gambar tetap sanggup dikenali. berikut pola doodle art dan tips cara membuat doodle art wajah pemula:
  • Gambarlah wajah yang gampang kita ingat, seperti: wajah teman, keluarga, wajah sendiri dll.
  • Kalau kesulitan, cukup membuat garis utama yang membentuk wajah. contohnya mata, mulut, hidung, indera pendengaran dll.
  • Padukan dengan karakter doodle art lainnya, menyerupai bunga, gambar doodle art monster, gambar doodle art hewan.
  • Berpikir secara kreatif. sobat sanggup membuat rambut tidak sebagaimana bentuknya. contohnya membuat rambut dari kumpulan bulatan, membuat wajah dari kumpulan karakter doodles. imajinasikan sesuai keterbatasan masing-masing. usang lama niscaya akan lebih mahir.
Belajar Membuat Doodle Art Untuk Pemula  Panduan Cara Membuat Doodle Art Untuk Pemula
Image via : kcdoodleart.tumblr.com

Doodle Art Monster

Doodle art monster yaitu kategori doodle art yang paling populer. gambar doodle art ini paling banyak digemari oleh khalayak. selain mudah, kita bebas membuat sesuka hati. dari namanya saja "monster", berarti setiap orang sanggup membuat karakter monsternya sendiri.

Tips cara membuat doodle art monster pemula:
  • Imajinasikan bentuk dari monster yang ada dipikiran sobat. buatlah selucu mungkin, walaupun bentuknya abnormal kalau dilihat. 
  • Belajar mengambar ekspresi wajah, menyerupai senang, sedih, marah, besar hati dll. ini nati yang akan memperlihatkan kesan pada doodle art monster kita.
  • Mulailah menggambar doodle art monster dari yang paling depan, hingga kebelakang. terpenting tidak ada karakter doodle art monster yang tidak kelihatan.
Belajar Membuat Doodle Art Untuk Pemula  Panduan Cara Membuat Doodle Art Untuk Pemula
Image via : behance.net | Created by Yessiow  Doodles

Doodle Art Ucapan 

Gambar Doodle art juga sanggup digunakan untuk memperlihatkan ucapan kepada orang lain. contohnya doodle art ucapan selamat ulang tahun. pola doodle art dibawah yaitu karya Adik saya sendiri yang diunggah pada akun Instagramnya @Ruhrufain. doodle art ini dibentuk sebagai tanda kebersamaan terhadap sahabat sekolahnya.

Belajar Membuat Doodle Art Untuk Pemula  Panduan Cara Membuat Doodle Art Untuk Pemula
Design by Ruh rufain 

Doodle Art Berwarna Hasil Aplikasi Grafis

Contoh gambar doodle art berwarna berikut yaitu hasil pembuatan mengunakan aplikasi desain grafis. kualitasnya akan berbeda denga coretan pada kertas. doodle art digital niscaya lebih halus dan berkualitas tinggi. dan sanggup digunakan untuk keperluan printing.

Manfaat membuat doodle art dengan aplikasi:
  1. Bisa digunakan untuk wallpaper dan background website atau blog
  2. Gambar doodle art Bisa di print pada baju kaos, kain, maupun dijadikan wallpaper dinding.
  3. Jual Online kepada peminat seni di internet. kalau desainnya manis niscaya sanggup mencapai harga mahal.
  4. Dapat disimpan pada komputer maupun penyimpanan online.
  5. Mudah dimodifikasi, contohnya mengganti warna,menghilangkan objek dan menambah objek baru.
Belajar Membuat Doodle Art Untuk Pemula  Panduan Cara Membuat Doodle Art Untuk Pemula
Image via : kerbyrosanes.deviantart.com

Belajar Membuat Doodle Art Untuk Pemula  Panduan Cara Membuat Doodle Art Untuk Pemula
Source : www.lanlinglaurel.com

Penutup

Akhirnya hingga juga diakhir. bagaimana sobat ? apakah sudah ada bayangan perihal bagaimana cara membuat doodle art ? saya rasa sudah. kesimpulannya yaitu untuk menguasai doodle art kita harus banyak menggambar dan melihat wangsit untuk membuat bentuk. selebihnya tinggal kreatifitas yang bekerja.
Belajar Desain Grafis Untuk Pemula
Sampai disini dulu pertemuan kita, semoga Panduan Cara Membuat Doodle Art Untuk Pemula sanggup memberika pelajaran gres kepada sobat. Update terus seputar desain grafis di https://www.ngeeneet.com/. Safri ST mengucapkan terima kasih - Assalamualaikum.

Jangan Lupa di Share & Like

0 Response to "Panduan Cara Menciptakan Doodle Art Untuk Pemula"

Posting Komentar