8 Unsur-Unsur Desain Grafis Beserta Contohnya

Assalamuaikum. jumpa lagi di blog yang membahas seputar desain grafis. kali ini aku akan memperlihatkan pengertian 8 Unsur-unsur Desain dan Seni Rupa. bila kalian memang ingin menguasai ilmu desain grafis, maka harus mengetahui semua unsur tersebut. alasannya itulah unsur yang membentuk semua jenis desain yang ada. silahkan dipelajari baik-baik.

Sebelum memulai, apakah sahabat sudah tahu pengertian seni rupa ? kalau belum, baiklah dijelaskan. Seni rupa ialah cabang seni yang akhirnya sanggup dirasakan oleh indra peraba maupun penglihatan. contohnya lukisan atau patung. suatu karya sanggup dikatakan karya seni rupa alasannya mempunyai bentuk/ wujud, nyata. nah dalam pembuatan karya seni rupa, maka kita harus mengetahui dulu apa unsur-unsur yang membentuknya. berikut 8 unsur seni rupa:

8 Unsur-unsur Desain dan Seni Rupa

1. Titik

Titik ialah unsur paling dasar dalam seni rupa, semua karya seni berasal dari titik. contohnya garis yang terbentuk dari kumpulan titik yang sangat padat. titik juga dipakai untuk memperlihatkan lokasi antara titik satu dengan lainnya, contohnya saat membentuk segitiga yang mempunyai 3 titik kemudian dibuatlah garis untuk membentuk segitiga itu sendiri.
 jumpa lagi di blog yang membahas seputar desain grafis 8 Unsur-unsur Desain Grafis Beserta Contohnya
contoh unsur titik dalam desain dan seni rupa | https://www.slideshare.net/shaktinanda/
Ilustrasi diatas memperlihatkan bahwa titik sanggup padukan sehingga membentuk banyak sekali macam karya seni. 

2. Garis

Garis ialah batasan yang menggambarkan bentuk dari suatu benda, bidang, ruang dan sebagainya. tanpa garis, maka kita tidak sanggup mendefinisikan bagamana bentuk suatu objek. contohnya gambar persegi, apakah sahabat sanggup katakan ia persegi kalau tidak ada garis yang membentuknya ? niscaya tidak kan. itulah garis.
 jumpa lagi di blog yang membahas seputar desain grafis 8 Unsur-unsur Desain Grafis Beserta Contohnya
Contoh gambar unsur garis dalam desain dan seni rupa

Garis juga mempunyai jenis dan sifat, seperti: vertikal dan horizontal, panjang dan pendek, tebal dan tipis,melengkung, miring, garis putus-putus, zig-zag, halus dan lain-lain. dari semua jenis terbebut, masing-masing sanggup mempunyai arti tersendiri. contohnya garis melengkung (curved line) mengartikan kelembutan, kebebasan dll. itulah mengapa garis melengkung biasa dipakai untuk menciptakan bentuk yang indah serta feminim. beda lagi dengan garis tegak lurus yang mengartikan ketegasan, stabilitas dan kekuatan.

3. Bidang

Bidang merupakan unsur seni rupa yang terbentuk dari hubungan antara beberapa garis. bentuk bidang berupa 2 dimensi yang juga mempunyai sifat yakni: luas, panjang dan lebar. dalam kehidupan sehari-hari kita sanggup melihat tembok atau dinding rumah yang vertikal.
 jumpa lagi di blog yang membahas seputar desain grafis 8 Unsur-unsur Desain Grafis Beserta Contohnya
Contoh gambar unsur bidang dalam desain dan seni rupa

Kalau menurut bentuknya, bidang sanggup dibagi beberapa macam, yaitu : bidang geometris, biomorfosis, bersudut, hingga dengan bidang tak beraturan. bidang juga merupakan unsur yang membentuk objek 3 dimensi, dimana perpaduan ini akan menghasilkan keterkaitan satu dengan yang lainnya, sehingga terlihat 3d. contohnya kubus atau balok yang mempunyai 6 bidang pada permukaannya.

4. Bentuk

Dalam seni rupa ada unsur yang disebut dengan bentuk. Bentuk ialah perpaduan antara bidang yang menjadi objek 3 dimensi dan mempunyai volume. bentuk sanggup dikategorikan dalam 2 macam, yakni:

a. Bentuk Geometris adalah bentuk yang  memiliki nilai ukur atau sanggup juga dikatakan bentuk yang matematis. contohnya kubusm, silinder, piramid, kerucut, bangkit prisma dan lain-lain. coba lihat pola gambar bentuk geometris dibawah, semuanya begitu terstruktur sehingga gampang di bedakan dan bentuknya simpel.
 jumpa lagi di blog yang membahas seputar desain grafis 8 Unsur-unsur Desain Grafis Beserta Contohnya
macam-macam unsur bentuk dalam desain

b. Bentuk Nongeometris bisa juga dikatakan organis. bentuk ini tidak tertatur dan kompleks. kita sanggup melihat alam disekitar, mulai dari bentuk pohon, binatang, bungan dan sebagainya.

5. Warna 

 jumpa lagi di blog yang membahas seputar desain grafis 8 Unsur-unsur Desain Grafis Beserta Contohnya
https://www.zebrapen.com
Warna ialah spketrum yang terdapat dalam cahaya sehingga menyebabkan kesan pada mata. untuk melihat warna, kita membutuhkan cahaya sehingga mata menapatkan informasi dari warna tersebut. warna merupakan unsur penting dalam seni rupa, alasannya warna yang menjelaskan keberadaan setiap sesuatu di depan mata. wara sendiri sanggup dikategorikan menjadi 3, yaitu:

Warna Primer yaitu warna pokok atau warna dasar yang teridi dari merah, kuning dan biru. warna primer merupakan warna yang sanggup membentuk semua jenis warna, alasannya hasil pencampurannya.

Warna Sekunder yaitu warna hasil adonan antara dua warna primer. warna sekunder terdiri dari : warna orange, ungu dan hijau.

Warna Tersier yaitu warna dari pencampuran warna sekunder
Untuk lebih mengetahui wacana ketiga jenis warna tersebut, silahkan ke pertemuan sebelumnya "pengertian warna primer, sekunder dan tersier".  kemudian lanjutkan ke Warna komplementer.

6. Ruang

Ruang ialah unsur yang sanggup bersifat semu maupun nyata. dalam karya seni 3 dimensi kita eksklusif sanggup mencicipi sensasi ruang saat melihat ataupun berada didalamnya. sedangkan dalam karya 2 dimensi kita hanya sanggup berkhayal wacana ruang. seniman sanggup menghasilkan kesan ruang pada lukisannya dengan cara: memperlihatkan bayangan, menciptakan perspektif pada objeknya, memperlihatkan perbedaan warna terang dan gelap dan masih banyak lagi.
 jumpa lagi di blog yang membahas seputar desain grafis 8 Unsur-unsur Desain Grafis Beserta Contohnya
Pixabay.com

Gambar ilustrasi diatas memperlihatkan, bagaimana membentuk sebuah ruang dengan memakai perpaduan garis. kesannya seolah berada didalam ruang kosong.

7. Tekstur

 jumpa lagi di blog yang membahas seputar desain grafis 8 Unsur-unsur Desain Grafis Beserta Contohnya
Sumber : google image search 

Tekstur adalah sifat pada permuakaan suatu benda. tekstur sanggup berupa kasar, lembut, licin, berpori, mengkilap dan lain-lain. kita sanggup mencicipi tekstur dengan cara meraba ataupun melihatnya. tekstur sendiri sanggup dibedakan menjadi dua, yakni:

Tekstur Nyata ( Tactile Texture) ialah tekstur yang sanggup diraba secara nyata. contohnya meraba pada tektur tanah, kita akan mencicipi kekasaran pada permuakaan tektur tanah tersebut. pola lainnya pada bulu kucing yang mempunyai kesan lembut namun berpori akhir susunan bulu.

Tekstur Semu (Visual Texture) adalah tekstur yang dihasilkan oleh ilustrasi dalam karya seni. tekstur  semu hanyalah delusi akhir bentuk yang dibentuk sedemikian rupa, sehingga membawa imajinasi seolah itu nyata. 

8. Gelap Terang

 jumpa lagi di blog yang membahas seputar desain grafis 8 Unsur-unsur Desain Grafis Beserta Contohnya
https://www.slideshare.net/shaktinanda/

Gelap terang merupakan unsur seni rupa yang memperlihatkan identitas bentuk pada suatu karya. contohnya permainan gelap terang pada lingkaran, sehingga terlihat ibarat bola (bentuk 3 dimensi). sanggup juga dipakai untuk memperlihatkan kesan kedalaman, kesan jauh dan dekat. 

Unsur yang membentuk gelap terang pada seni rupa ialah hitam dan putih. semakin banyak memperlihatkan adonan hitam kedalam desain maka terlihat semakin gelap, sedangkan putih bila diberi banyak akan menghasilkan kecerahan. selain itu, gelap terang sanggup terjadi akhir intensitas cahaya pada objek
Setalah memahami unsur desain, sahabat harus melaju ke "Prinsip Desain". ini merupakan hukum penting dala menciptakan desain.
     Seperti itulah pengertian dari 8 unsur-unsur seni rupa dan contohnya. biar sanggup menciptakan kalian lebih mengerti, sehingga sanggup berkarya dengan maksimal. bila sudah menguasai semua unsur diatas, aku yakin kreatifitas akan muncul dengan sendirinya. sekian dulu pertemuan hari ini - Assalamualaikum.

0 Response to "8 Unsur-Unsur Desain Grafis Beserta Contohnya"

Posting Komentar