6 Aplikasi Untuk Menciptakan Video Animasi 2D Terbaik

Aplikasi Pembuat Animasi 2D | Bagi yang sudah dekat dengan televisi, tentu saja sudah biasa melihat atau menonton film kartun 2D impor menyerupai Doraemon, Tom and Jerry, Dragon Ball dan lainnya. Namun ternyata banyak juga bawah umur Indonesia yang bisa menciptakan film kartun sejenis dengan memakai aplikasi untuk menciptakan video animasi 2 Dimensi. 

Beberapa hasil karya anak negeri yang terkenal antara lain: PDKT The Animation, Tikam Samurai, PaperPlane dan lainnya. Animasi besutan teman-teman kita, kualitasnya juga tidak kalah dengan buatan luar negeri dan sudah banyak yang disiarkan televisi nasional menyerupai Vatalla sang Pelindung yang disiarkan Trans7. Bahkan sudah ada yang sukses diangkat ke layar lebar menyerupai salah satu animasi 2D yang berjudul Battle of Surabaya. 
 tentu saja sudah biasa melihat atau menonton film kartun  6 Aplikasi Untuk Membuat Video Animasi 2D Terbaik

Hal ini menerangkan bahwa karya animasi anak bangsa memang sudah bisa disejajarkan dengan animasi layar lebar internasional, terutama Hollywood. Maka tidak heran kalau film animasi 3D box office sekelas The Adventure of Tintin, The Avengers, Iron Man 2 dan 3, Transformers 3, Spiderman 4 dan Terminators, ternyata ada campur tangan para animator dari Indonesia. 

Tentu saja mereka yang telah hingga pada tahap kesuksesan dan karyanya bisa dinikmati seluruh dunia memang para desainer sarat pengalaman dan sudah kenyang dengan aneka macam macam aplikasi animasi. Keberhasilan semua animator dalam negeri bisa menjadi wangsit dan spirit bagi para desainer lain semoga lebih produktif dengan karya yang berkualitas. 

Memang tidak gampang untuk hingga ke level atas, alasannya semua animator juga memulainya dari bawah dengan karya-karya sederhana, namun terus berusaha meningkatkan kualitas diri. Sebenarnya kita juga bisa menyerupai mereka, kalau tekun latihan dan menyebabkan aktivitas desain sebagai hobi dengan memulainya dari aplikasi untuk menciptakan video animasi 2D.

Hal ini alasannya untuk menjadi spesialis dalam animasi 3D, tentu saja perlu mempelajari aplikasi atau software animasi 2D semoga tidak kebingungan dengan tools dan fiturnya. Karena hampir semua aplikasi grafis 3D ialah hasil upgrade dari grafis animasi 2D sehingga akan lebih gampang kalau telah menguasai versi sebelumnya. 
Pengertian Render dan Rendering 
Banyak sekali aplikasi animasi 2D yang bisa dipakai untuk berguru dan mengasah kemampuan diri semoga bisa menjadi seorang animator handal. Namun kita tidak perlu mempelajari semuanya dan tentunya bisa menentukan salah satu software saja yang dirasa nyaman untuk digunakan. 

6 Aplikasi Untuk Membuat Video Animasi 2D yang Populer


1. Adope Flash CS6


Software desain ini memang paling banyak dipakai di negara kita, alasannya sering menjadi pilihan utama yang diajarkan di sekolahan serta kursus desain. Selain itu, banyak sekali tutorialnya di blog-blog atau Youtube sehingga para penggunanya sangat gampang mencari solusi kalau menemui kesulitan. Sayangnya, aplikasi ini berbayar sehingga tidak ada salahnya kalau mencoba versi trialnya dahulu sebelum tetapkan untuk membelinya. 

Selain itu, tools dan fiturnya sangat lengkap untuk segala kebutuhan animasi sehingga kalau sudah menguasai Adope Flash, maka tidak begitu memerlukan software desain lainnya. Adope selalu memperbaruhi versi terbaru wacana fiturnya seiring perkembangan teknologi, namun tampilan dan hidangan serta toolsnya tidak berubah untuk memudahkan penggunanya.

2. Anime Studio


Aplikasi ini memang dikembangkan khusus untuk menciptakan video animasi 2D sehingga hidangan dan fiturnya lebih lengkap dari software lainnya. Penggunaannya juga sangat gampang alasannya bisa menciptakan animasi bergerak hanya dari satu gambar saja sehingga pembuatannya lebih cepat dan efektif.

Kelebihan utamanya ialah adanya fitur bone yang bisa mengedit atau mengubah obyek gambar untuk berubah sesuai dengan yang diinginkan. Selanjutnya bisa menggerakkan gambar tersebut dengan mengatur fitur time line dan bisa menciptakan imbas bayangan dalam aneka macam bentuk. Untuk mendapat aplikasi ini memang perlu mengeluarkan uang, namun kita diberi kesempatan untuk mencoba versi Trialnya dahulu selama 1 bulan.

3. Pencil 2D


Pencil tergolong aplikasi sederhana alasannya menunya sangat sedikit sehingga memudahkan para penggunanya. Berdasarkan namanya, tentu saja kelebihannnya ialah untuk menciptakan ataupun mengedit gambar dengan bebas untuk dibentuk beberapa versi semoga bisa bergerak. 

Para desainer niscaya tidak akan kesulitan memakai aplikasi ini untuk segala keperluan menciptakan animasi. Selain itu, gampang sekali mendownload aplikasi ini secara gratis alasannya bersifat open source dan portable. Aplikasi ini hanya support pada komputer atau laptop yang memasang VGA eksternal, alasannya walaupun bersifat gratis, namun perlu sedikit pengorbanan untuk mendapat GNU License. 

4. Synfig Studio


Synfig Studio juga bisa didownload secara gratis namun harus support dengan GNU License sebagai aplikasi untuk menciptakan video aplikasi 2D vektor grafis dan Bitmap. Memiliki fitur yang memudahkan para penggunanya sehingga tidak perlu menciptakan gambar frame by frame semoga lebih cepat. Hal ini alasannya tersedia aneka macam fitur menyerupai geometris, gradient, filters, distorsi, transformasi dan lainnya.

Fitur lainnya ialah Morphing yang bisa merubah bentuk gambar. Selain itu ada fitur Cutout untuk memisahkan gambar menjadi beberapa bab semoga bisa ditransformasi. Cocok sekali dipakai para pengguna yang menyukai video file besar untuk DVD menyerupai MPEG, AVI, dan Theora, juga format grafis dengan file GIF dan MNG. 

5. CrazyTalk 


CrazyTalk merupakan aplikasi yang unik dan lengkap untuk keperluan pengeditan gambar menjadi animasi yang menarik. Selain itu mempunyai kelebihan untuk mengedit gambar wajah insan semoga berubah dengan gerakan mimik gembira, sedih, senang serta tertawa sehingga menjadi lebih hidup. Tersedia fitur bone yang bisa mengedit gambar semoga gerakannya bisa diubah dan bisa menciptakan animasi hanya dari satu gambar.

Masih ada lagi fitur lainnya menyerupai template abjad G3 untuk memudahkan dalam menciptakan background animasi. Fitur lainnya ialah layer manager yang sangat spesifik dan bisa melaksanakan pengeditan tampilan dari depan, samping dan belakang. 

6. Tupi Open 2D Magic 


Software Tupi termasuk open source yang bisa didownload secara gratis dan penggunaannya harus memenuhi standard GNU License. Selain itu termasuk jenis aplikasi untuk menciptakan video animasi 2D dengan penggabungan gambar secara manual atau frame by frame. Tools dasarnya berupa pencil, garis, kotak, elips dan menunya tidak terlalu banyak namun tools yang penting saja sehingga tidak membingungkan. 

Kelebihannya dalam fitur pembuatan warna gelap dan terang tampak sangat terperinci dan bisa diaplikasikan pada gambar lebih detail menyerupai asli. Selain itu, support dengan file gambar JPG, PNG, GIF, SVG dan lainnya. Sedangkan penyimpanan video, mendukung file MOV, MPEG. AVI dan lainnya.

    Selain aplikasi diatas, sobat juga bisa memakai photoshop untuk menciptakan gambar bergerak 2d sederhana. silahkan lihat tutorial :
Semoga informasinya bisa bermanfaat. terima kasih sudah berkunjung.
Related Posts