Arti Filosofi Dan Makna Lambang Garuda Pancasila

Makna Lambang Garuda Pancasila | Lambang Negara Indonesia merupakan Garuda Pancasila. Semboyan kita ialah Bhinneka Tunggal Ika. semua itu merupakan dasar dari negara ini dan setiap masyarakat wajib mengetahuinya. bagi teman yang belum faham apa makna garuda pancasila ?, silahkan baca baik-baik penjelasannya dibawah. semuanya sudah dirangkum lengkap.
arti lambang garuda pancasila Indonesia

Lambang Garuda Pancasila dirancang oleh Sultan Hamid 2 dari Pontianak. sehabis itu disempurnakan lagi oleh Presiden pertama kita Ir.Soekarno. pelantikan untuk tetapkan Garuda sebagai lambang negara pertama kali paa tahun 11 Februari 1950 pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat. 

Garuda

Bentuk Garuda Pancasila ialah burung garuda yang ada dalam mitologi sejarah bangsa Indonesia. Filosofi burung garuda merupakan kendaraan Wishnu yang sangat menyerupai dengan burung Rajawali. Sebagai Lambang Negara Indonesia, Garuda menggambarkan bahwa negara kita ialah negara yang berpengaruh dan besar.

Arti Warna Emas pada burung garuda melambangkan kejayaan dan keagungan bangsa Indonesia.

Makna Sayap, Paruh, Ekor, dan Cakar Garuda ialah tenaga pembangunan serta melambangkan kekuatan.

Makna Jumlah Bulu Burung Garuda Pancasila mengartikan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang jatuh pada Tanggal 17 Agustus 1945, berikut rinciannya:
  • Sayap mempunyai bulu masing-masing 17 helai kanan dan kiri.
  • Ekor garuda mempunyai 8 helai bulu
  • Leher garuda mempunyai 45 bulu
  • 19 helai bulu pada penggalan bawah perisai

Perisai

Perisai ialah sebuah tameng pelindung yang sudah dipakai dalam peradaban indonesia. perisai sebagai senjata yang melambangkan pertahanan, perjuangan, pinjaman diri dalam mencapai suatu tujuan.
Cara menciptakan tameng kapten amerika di photoshop
Garis Hitam Tebal di Tengah Perisai mengartikan garis khatulistiwa, yang merupakan lokasi Negara Indonesia. Negara tropis yang dilewati garis hkatulistiwa dari timur ke barat.

Warna dasar dibagian ruang perisai ialah warna bendera Indonesia, yaitu "Merah Putih". dibagian tengahnya berwarna hitam.

Lima ruang dalam bentuk perisai mewujudkan dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. berikut ialah urutan lambang garuda pancasila pada ruang perisai:

 Lambang Negara Indonesia merupakan Garuda Pancasila Arti Filosofi Dan Makna Lambang Garuda Pancasila
Bentuk lambang sila pertama ialah bintang tunggal bercahaya

Bunyi Sila Pertama
ialah Ketuhanan Yang Maha Esa mempunyai lambang cahaya berbentuk bintang dibagian tengah perisai, lima sudut berlatar warna hitam.

Arti Sila ke 1
  • Bintang mengartikan sebuah cahaya sebagai kerohanian untuk setiap manusia.
  • Latar warna hitam melambangkan alam yang memperlihatkan bahwa Allah bukanlah sekedar halusinasi manusia, tetapi sangan pencipta dari segalanya sebelum dan sehabis alam semesta ada.
 Lambang Negara Indonesia merupakan Garuda Pancasila Arti Filosofi Dan Makna Lambang Garuda Pancasila
Bentuk lambang sila kedua ialah rantai

Bunyi sila Kedua : Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dengan lambang tali rantai berbenttuk persegi dan bulatan. posisinya berada dibagian kiri bawah berlatar warna merah.

Arti sila ke 2 :
  • Mata rantai bentuk persegi melambangkan laki-laki, sedangkan bentuk lingkaran mengartikan perempuan.
  • Mata rantai yang saling mengikat menawarkan arti bahwa setiap insan baik pria maupun perempuan saling membutuhkan da harus bersatu untuk mendapat kekuatan layaknya sebuah rantai.
 Lambang Negara Indonesia merupakan Garuda Pancasila Arti Filosofi Dan Makna Lambang Garuda Pancasila
Bentuk lambang sila ketiga pohon beringin

Bunyi sila ketiga : Persatuan Indonesia. Dilambangkan dengan bentuk pohon beringin, berada dibagian kiri atas perisai dengan warna latar putih.

Arti sila ke 3 :
  • Makna pohon beringin ialah sebab pohonnya besar dan banyak orang sanggup berteduh dibawahnya, layaknya semua masyarakat Indonesia sanggup berteduh dibawah kesatuan negara Indonesia.
  • Akar pohon beringi yang menjalan kemana-mana, namun tetap asalnya dari satu pohon mengartika, keaneka ragaman suku bangsa yang bersatu dalam negara Indonesia.
 Lambang Negara Indonesia merupakan Garuda Pancasila Arti Filosofi Dan Makna Lambang Garuda Pancasila
Lambang sila keempat kepala banteng

Bunyi sila keempat : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan dilambangkan kepala banteng yang terletak dibagian atas sebelah kanan perisai. adapun latarnya berwarna merah.

Arti sila ke 4 : Banteng dipakai sebab binatang ini merupakan binatang yang sangat uka berkumpul. menyerupai halnya dalam musyawarah, dikala rakyat harus berkumpul untuk membicarakan sesuatu.
 Lambang Negara Indonesia merupakan Garuda Pancasila Arti Filosofi Dan Makna Lambang Garuda Pancasila
Makna Lambang sila kelima padi dan kapas

Bunyi sila kelima : Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia mempunyai lambang kapas dan padi, terletak penggalan bawah kanan perisai dengan warna latar putih.

Arti sila ke 5 : makna padi dan kapas merupakan kebutuhan dasar manusia, menyerupai sandang dan pangan yang menjadi syarat utama mencapai suatu kemakmuran. ini merupakan tujuan utama sile kelima.

Pita yang dicengkram bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika

  • Kedua kaki garuda  yang mengeluarkan akar mencengkram sehelai pita berwarna putih. pada pita bertuliskan "Bhinneka Tunggal Ika" berwarna hitam polos.
  • Arti Seomboyan Bhinneka Tunggal Ika ialah Mmeskipun berbeda-beda akan tetapi kahikatnya tetap satu kesatuan. kata "Bhinneka" berarti berbeda-beda, kata "tunggal" = satu, kata"ika" = itu.  semboyan negara Indonesia dipakai untuk pertanda semua perbedaan daerah, suku bangsa, ras, agama maupun keyakinan dalam satu Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Itulah Arti Filosofi dan makna lambang garuda pancasila sebagai dasar Negara Indonesia. sebagai rakyat yang cinta tanah air, maka kita wajib mengetahui semua itu. agar apa yang sudah diberikan sanggup bermanfaat dan menambah rasa kesatuan. Terima kasih - Assalamualaikum.
Related Posts