Apa Sih Desain Web Itu? Berikut Klarifikasi Dan Contohnya

Salah satu pekerjaan di dunia maya yang menghasilkan banyak uang ialah mendesain web (Web Design). Pekerjaan ini tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, melainkan orang-orang yang mempunyai skill di bidang pembuatan atau pengembangan website. Tapi ada juga kok desainer web handal lantaran otodidak. pada dasarnya berguru dan belajar.

Apa itu Desain Web ?

Secara umum desain web atau web design ialah sebuah proses pembuatan suatu website dengan aneka macam aspek yang berbeda. Aspek-aspek yang termasuk dalam pembuatan website ialah tata letak halaman website, konten, dan juga desain grafis. Meskipun web design mempunyai istilah sendiri, namun gotong royong web design dapat dikatakan sebagai kepingan dari web development atau pengembangan website.
Salah satu pekerjaan di dunia maya yang menghasilkan banyak uang ialah mendesain web  Apa Sih Desain Web Itu? Berikut Penjelasan dan Contohnya

Jadi dapat dikatakan bahwa Desain Web ialah pekerjaan untuk membuat ataupun merancang sebuah website. Sedangkan desainer web ialah orang yang melaksanakan pekerjaan untuk mendesain website. Secara umum ada beberapa skill yang diharapkan untuk menjadi desainer web yaitu HTML, CSS, Dreamweaver, Photoshop dan Illustrator, Adobe Flash (Action Scripting), mempunyai skill tipografi yang baik dan pintar dalam mendesain website.
Belajar Photoshop dasar hingga mahir

Web Desain Dalam Pendekatan Klasik dan Modern


Pada dasarnya ada perbedaan pengertian yang cukup signifikan antara web design dalam pendekatan klasik dan web design dalam pendekatan modern. Untuk pendekatan klasik, web design lebih menggambarkan tampilan visual sebuah website.
Salah satu pekerjaan di dunia maya yang menghasilkan banyak uang ialah mendesain web  Apa Sih Desain Web Itu? Berikut Penjelasan dan Contohnya

Sebaliknya untuk pendekatan modern, web design lebih berorientasi pada mewarnai, penekanan, keseimbangan, irama, gaya elemen grafis (seperti bentuk, garis, tekstur, warna dalam dan arah), penggunaan ikon, tampilan umum dan tekstur latar belakang dari sebuah website secara keseluruhan.

Semua elemen yang disebutkan di atas akan dikombinasikan dengan prinsip-prinsip dasar desain untuk dapat membuat hasil atau karya yang luar biasa dalam pembuatan sebuah website.

Kombinasi HTML dan CSS Dalam Desain Web

Salah satu pekerjaan di dunia maya yang menghasilkan banyak uang ialah mendesain web  Apa Sih Desain Web Itu? Berikut Penjelasan dan Contohnya
Sebuah website akan dibentuk dengan bahasa pemograman yang disebut dengan HTML. Makara seorang desainer web membangun halam web memakai tag HTML di mana penggunaan HTML ini akan menentukan metada dan isi setiap halaman yang ada di website tersebut. Lalu untuk dilema tata letak dan penampilan sebuah website biasanya akan didefinisikan memakai CSS atau Cascading Style Sheet). Karena itulah sebagian besar website akan meliputi kombinasi antara HTML dan CSS, di mana keduanya akan mendefinisikan bagaimana setiap halaman sebuah website akan muncul pada browser.

Meskipun begitu, perlu anda ketahui juga bahwa beberapa desainer web ada yang menentukan membuat coding CSS dan HTML dari awal. Sedangkan beberapa desainer web yang lain lebih menentukan memakai “WYSIWYG” editor. Salah satu teladan editor “WYSIWYG” ini ialah Adobe Dreamweaver, di mana jenis editor ini akan menyediakan visual antarmuka yang dipakai untuk merancang tata letak halaman web dan perangkat lunak. Kabar baiknya, secara otomatis perancangan memakai editor Adobe Dreaweaver ini dapat menghasilkan coding HTML dan CSS yang sesuai.

Selain cara di atas gotong royong ada cara lain yang lebih terkenal untuk mendesain website. Cara lain ini ialah dengan memakai sistem administrasi konten menyerupai wordpress dan joomla. Kedua layanan ini dapat dibilang sangat terkenal di kalangan pengguna di dunia maya. Dengan memakai layanan dari wordpress, blogger ataupun joomla maka anda akan disediakan aneka macam pilihan template website yang berbeda. Di mana template website ini dapat anda gunakan sebagai titik awal pembuatan website. Kemudian webmaster dalam layanan ini dapat menambahkan konten serta menyesuaikan tata letak memakai antarmuka berbasis web.

Anda juga harus tahu bahwa desain grafis selalu saja bersinggungan dengan desain website. Hal ini disebabkan oleh kombinasi HTML dan CSS yang berkhasiat untuk membuat tampilan website terlihat lebih bagus, keren dan menarik. Mengingat ketika ini para desainer grafis seringkali membuat gambar yang bertujuan untuk dipakai dalam sebuah website maka beberapa aplikasi desain grafis mulai menyesuaikan. Salah satunya ialah Adobe Photoshop yang ketika ini mempunyai sajian pilihan menyerupai ‘save for web’ yang menjadi cara termudah untuk mengekplor gambar dalam bentuk optimal untuk pemakaian di sebuah website.

Sebagai informasi suplemen berikut ini ialah beberapa ciri website yang baik:
Memiliki penampilan yang menarik 
Memiliki konten yang baik 
User-Friendly 
SEO yang baik 

Nah, apakah anda juga tertarik untuk menekuni dunia desain grafis? silahkan lihat tips Cara menjadi desainer grafis Otodidak.

Sekian dulu yah. Assalamualaikum.

0 Response to "Apa Sih Desain Web Itu? Berikut Klarifikasi Dan Contohnya"

Posting Komentar