5 Cara Gampang Menghilangkan Background Di Photoshop

Assalamualaikum. Dalam dunia editing foto, background merupakan istilah yang tidak dapat kita hindari. alasannya salah satu unsur estetika berada di balik latar foto. tak jarang, anak jaman now berlomba-lomba untuk mengganti background foto mereka.. tapi sebelum menggantinya, teman harus tahu dulu "5 Cara menghilangkan background di photoshop". kalau sudah kuasai, niscaya lebih gampang menempelkan background gres dibelakang foto.

Mengapa harus tahu trik menghilangkan background dengan photoshop ?

Supaya pekerjaan lebih cepat dan mudah. tidak perlu pakai jasa edit foto lagi. sudah dapat membuat pas foto sendiri. serta melatih skil dalam memakai adobe photoshop. 


1. Cara Menghilangkan Background Foto Dengan Magic Wand Tool

Fitur Magic Eraser Tool Photoshop adalah alat untuk menghapus. ini termasuk turunan dari Eraser Tool, namun sudah diberi fungsi khusus. dengan tools ini kita dapat menghapus background atau apapun yang mempunyai warna sama.

Magic Eraser Tool Sangat cocok digunakan untuk menghapus background foto yang polos. berikut pola penggunaannya:

Sebagai latihan, disini aku memakai gambar yang backgroundnya warna putih polos.
  • Buka Photoshop, kemudian buka foto yang ingin dihilangkan backgroundnya. File - Open.
  • Pilih Magic Eraser Tool pada toolbox photoshop

  • Klik pada background, dan secara otomatis akan terhapus semua sesuai warna yang kita klik.
Tambahan : kalau layer masih keadaan lock (ada icon kunci disebelah kanan layer). maka klik 2x kemudian tekan ok saja.
Silahkan lihat sendiri hasilnya. kini background sudah hilang.  

2. Cara Menghilangkan Background Foto Dengan Color Range

Color Range berfungsi untuk meyeleksi satu warna yang sama pada sebuah gambar. contohnya kita akan seleksi semua warna putih pada foto, maka dapat gunakan tool ini. 

Masih memakai gambar latihan yang sama. aku anggap sudah terbuka di photoshop.

  • Pergi ke sajian Select - Color Range. sesudah itu akan terbuka pengaturannya. 
  • Arahkan kursosr ke bab background putih, kemudian klik. maka kini warna yang mau dihapus sudah ditandai.
  • Klik Ok.

  • Penampilannya akan menyerupai dibawah. background putih polos terseleksi. 
  • Tekan Delete untuk menghapus background foto tersebut. selesai. kalau garis seleksi masih ada, tekan Ctrl D (deselect).

3. Cara Menghapus Background di Photoshop dengan Magic Wand Tool

Sebenarnya, tools ini fungsiny sama dengan diatas. yaitu untuk seleksi warna maupun objek. sesudah itulah gres kita menghapus bab yang terseleksi tersebut. namun bedanya, Magic Wand tool lebih otomatis. caranya tinggal klik warna yang di inginkan. mari kita coba.

Pilih Magic Wand Tool pada toolbox photoshop. kemudia arahkan kursor ke background - klik. maka pribadi terseleksi. selanjutnya tekan DELETE. selesai.

4. Cara Menghapus Background Dengan Pen Tool Photoshop

Setelah kita sudah mengetahui beberapa cara otomatis menghilangkan background diatas. maka kini kita pakai cara manual. Pen Tool yakni tool seleksi sekaligus untuk menciptakan bentuk vector pada photoshop.

Buka foto teman di photoshop. disin aku memakai foto perempuan yang backgroundnya warna-warni. jadi kalau mau pake tools otomatis diatas sangat sulit. alasannya kita akan seleksi banyak warna.  prosesnya niscaya akan berjam-jam.

Aktifkan Pen Tool. Klik dibagian luar pada objek untuk titik pertama. lanjutkan hingga mengelilingi objek utama. usahakan titik terakhir bertemu dengan titik pertama. pasti akan terlihat bulat kecil dibagian samping logo pen tool, kalau sudah bertemu dengan titik pertama.

  1. Setelah itu, Klik kanan - pilih Make Selection
  2. Berikan Feather Radius 0,3. (untk menghaluskan seleksi) - Ok.
  3. Lihatlah, kini objek orangnya sudah terseleksi. 

Karea disini yang mau dihapus yakni background, maka kita putar seleksinya. caranya: Pergi ke menu Select - Inverse. maka yang terseleksi kini yakni background.

Tinggal hapusdeh dengan menekan tombol Delete. Ctrl D untuk menghilankan garis seleksi.

5. Cara Menghapus Background Dengan Polygon Lasso Tool

Polygon Lasso Tool bahu-membahu mempunyai fungsi yang hampis sama dengan Pen Tool. sama-sama untuk menciptakan seleksi pada photoshop. jadi sesudah diseleksi barulah dihapus backgroundnya.

Cara memakai polygon lasso tool sama dengan pen tool. kalau pen tool ada titik-titiknya sedangkan lasso tool tidak. yang kelihatan hanya berupa garis. selebihnya sama.  menciptakan titik pertama hingga titik teakhir bertemu dengan yang pertama.
Kalau mau lebih menguasai Polygon Tool. baca "Cara memakai lasso tool photoshop"

Nah menyerupai itulah trik-trik menghilangkan background di photoshop. baca juga:

Kesimpulan

Intinyanya yakni seleksi terlebih dahulu kemudian dihapus backgroudnya. jadi apapun caramu untuk menyeleksi, pakailah selama itu bisa. alasannya pada dasarnya yakni untuk menghapus background.

Untuk teknik no.1.2.3 paling cocok digunakan untuk menghapus background secara cepat. menyerupai background logo yang selalu polos dan lain-lalin.

Oke. sekian dulu. biar dapat bermanfaat bagi teman semua. terima kasih - Assalamualaikum.

0 Response to "5 Cara Gampang Menghilangkan Background Di Photoshop"

Posting Komentar