Perbedaan Desain Ajaib Dan Desain Simbolik

Assalamualaikum. Dalam dunia desain dan seni, kebebasan mengekspresikan imajinasi itu sudah keputusan sendiri. namun ada hal yang perlu kita ketahui, untuk membuat karya kita menjadi lebih bermakna. mulai dari unsur-unsur desain serta konsep fatwa dalam merancang. 

Pada pembahasan kali ini, aku akan coba menjelaskan Perbedaan Desain Abstrak dan Desain Simbolik. kedua istilah ini sangatlah penting dan menjadi landasan pada sebuah desain. kalau ingin jadi desainer, tidak boleh sembarangan. karena, setiap unsur yang diterapkan dalam desain itu semua mempunyai makna.
Jangan membuat anak panah, kalau dibawahnya ada goresan pena larangan. alasannya yakni bentuk panah sudah mengartikan "tidak dilarang". orang akan bingun mengartikannya. 

Desain Abstrak

Desain ajaib merupakan desain yang menvisualisasikan dan membuat hal-hal yang mungkin tak ada didunia nyata, dengan memakai proses kognitif menyerupai logika, imajinasi dan emosi. biasanya hasil dari fatwa ajaib ini membuat desain radikal. orang-orang cenderung mengasosiasikan desain ajaib dengan minimalis, alasannya yakni berawal dari hal sederhana yang terpadu oleh fatwa abstrak. namun tak ada batasan disini, alasannya yakni emosi, logika dan imajinasi dikala sudah bertemu, akan terjadi benturan ide kreatif tak terhingga.
 kebebasan mengekspresikan imajinasi itu sudah keputusan sendiri Perbedaan Desain Abstrak dan Desain Simbolik
Contoh gambar desain abstrak
Setiap orang bergotong-royong sanggup menghasilkan karya seni setiap harinya, melalui jalur keabstrakan. namun tidak adanya kesadaran akan seni, membuat kita menghilangkannya begitu saja. contohnya:
Sisa cat yang ada dirumah, sanggup menghasilkan sesuatu yang berseni, namun sayangnya disimpan begitu saja karna tujuan utama sudah didapatkan. padahal, kita sanggup memanfaatkan apapun yang ada dihadapan kita untuk di gores, menjadi karya seni. 
Desain ajaib membawa kesan kebebasan pada setiap jiwa seni. apapun itu gunakanlah, alasannya yakni setiap unsur mempunyai potensi seninya sendiri. sudah banyak ide yang sanggup dilihat, dari hasil karya seniman dunia. mereka hanya memanfaatkan sampah plastik dsb, untuk dibuat sedemikian rupa, sehingga menghasilkan sesuatu hal yang bernilai.

Desain Simbolis

Desain simbolis yakni perihal bagaimana mengkomunikasikan ide, emosi atau entitas dalam suatu desain. menyerupai simbol Logo Perusahaan yang dirancang biar lebih gampang dikenali maupun ditafsirkan. hal terkecil yang tidak kita sadari yakni tanda "Berhenti" berbentuk "Bulat dan garis miring ditengahnya". bentuk ini sudah digunakan diseluruh dunia sebagai pesan "Berhenti" dalam bentuk desain simbolik. kalau kita menaruh kata "Pergi" diatasnya, secara umum dikuasai akan berhenti  dan sisanya kebingungan. mengapa ? alasannya yakni simbol lebih berpengaruh dari pada kata-kata.
 kebebasan mengekspresikan imajinasi itu sudah keputusan sendiri Perbedaan Desain Abstrak dan Desain Simbolik
Contoh desain simbolik tidak boleh lewat atau berhenti
Selain umum lainnya untuk berhenti yakni segi delapan dengan merah didalamnya. meskipun berbeda bentuk, namun warna merah yang menyelimuti logo tersebut akan diartikan sebagai "berhenti". alasannya yakni warna Merah sudah menjadi simbol :Peringatan, Berhenti, Bahaya, Kesalahan, Dilarang. mengapa di pakai warna merah, alasannya yakni meurut penelitian, warna merah yang akan dipandang oleh mata kalau bertemu warna lainnya. oleh alasannya yakni itu ia disepakati.

Simbolisme Warna dalam desain

Warna dalam budaya di dunia , mempunyai makna berbeda-beda. warna sanggup mewakili aneka macam macam aspek, menyerupai : perasaan, negara, suku, budaya dll. warna juga sanggup mewakili pribadi seseorang. sebagai desainer atau perancang, kita harus sanggup menganalisa warna apa yang akan digunakan pada desain, biar tidak ada kesalahpahaman. 

Misalnya didunia barat, warna merah melambangkan banyak hal tergantukng pada konteksnya. selain diartikan menyerupai diatas, merah juga sanggup berarti kemarahan dan hasrat yang kuat. 

Simbolisme Bentuk

Bukan hanya warna yang menjadi unsur simbolisme, melainkan "Bentuk" juga sangat berperan penting. berikut beberapa bentuk umum serta maknanya :
  • Lingkaran, berarti : feminim, rahim, meliputi, pengasuhan, utuh
  • Persegi, berarti : Struktur, keseimbangan, blok bangunan, urutan
  • Bentuk vertikal : Roket, gerak keatas, maskulin, Phallic ( bentuk anu laki-laki yang sedang berdiri tegak, melambangkan kekuatan, stamina )
  • Bentuk horizontal : Jarak, bepergian, istrahat.
Sebenarnya masih banyak lagi bentuk-bentuk simbolik, namun setidaknya teman sudah sanggup menyadari, bahwa bentuk sangat mensugesti arti dari desain.
 kebebasan mengekspresikan imajinasi itu sudah keputusan sendiri Perbedaan Desain Abstrak dan Desain Simbolik
Logo feedex | teladan desain simbolik

Salah satu teladan logo simbolis populer didunia yakni Logo Perusahaan Feedex. secara tidak langsung, desain simbolik sudah memainkan alam bawah sadar kita. pada pandangan pertama, logo diatas terlihat biasa saja. cukup dengan mengetik dan menawarkan dua warna berbeda, maka logonya sudah jadi.  tapi coba kita aamati lebih dalam lagi.

Perhatikan bab putih antara abjad E dan X. disitu terlihat ada bentuk panah kearah kanan.itu mengartikan kecepatan atau bergerak maju (karena kita membaca kearah kanan).

Selain itu, warna orange pada tamat berarti berhati-hati. jadi kalau diartikan LOGO Feedex bermakna bahwa feedex akan mengirimkan barang anda dengan cepat dan hati-hati.
Makara perpaduan bentuk dan warna pada desain simbolik itu sangat penting dan wajib. Merancang tanpa memahami simbolisme  sama menyerupai menutup mata, desain tercipta namun tak sanggup kita rasakan kehadirannya.

0 Response to "Perbedaan Desain Ajaib Dan Desain Simbolik"

Posting Komentar