Tips Memotret Hitam Putih Semoga Terlihat Sangat Menarik

Kontras warna dianggap akan menimbulkan pengaruh berbeda dari setiap objek yang diambil melalui kamera digital. Sebagian fotografer menganggap bahwa semakin banyak kontras warna yang dihadirkan pada foto tentu saja menampilkan konsep yang sangat menarik. Namun, ada juga fotografer yang menganggap bahwa sebuah foto juga sanggup memilki hanya 2 warna saja, yaitu hitam dan putih. Konsep foto black and white atau sering disebut dengan BW dianggap sanggup terlihat sangat dramatis. Hal ini juga yang menciptakan beberapa fotografer menciptakan story atau konsep human interest dengan memakai teknik ini.

Beberapa profesi yang melibatkan fotografer menyerupai jurnalis memang sering menjadikan teknik foto ini menjadi pilihan utama. Foto-foto yang biasanya terlihat sangat sederhana akan mempunyai detail dongeng yang berbeda jikalau tampil dengan hitam dan putih. Namun, anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal untuk mendapat hasil foto yang diinginkan. Apalagi beberapa fotografer juga menunjukkan tips memotret hitam putih untuk memudahkan proses pengambilan gambar.

6 tips memotret hitam putih dengan mudah


1. Mulailah dengan pengaturan mode warna

 Kontras warna dianggap akan menimbulkan pengaruh berbeda dari setiap objek yang diambil melal Tips memotret hitam putih semoga terlihat sangat menarik
Tips memotret hitam putih dimulai dengan mengambil objek melalui pengaturan mode warna. Sebaiknya hindari pengambilan gambar pertama kali dengan mode Black and White. Hal ini dilakukan untuk mendapat warna aslinya terlebih dahulu. Bila anda mengambil gambar dengan mode BW secara eksklusif biasanya akan mengganggu titik fokus sampai menghalangi anda mendapat komposisi yang ideal. Pengaturan mode warna ini akan memakai detail RGB atau Red, Green and Blue. Beberapa kamera digital juga sudah mempunyai fitur untuk melaksanakan pengaturan ini.

Keuntungan lain dalam memulai pengambilan gambar dengan mode warna yaitu stok foto yang sanggup dikonversi. Anda akan mendapat banyak stok foto dengan detail warna dan gampang untuk menerapkan evaluasi. Untuk memudahkan konversi dari foto bewarna menjadi black and white lakukan pengaturan RAW pada file. Settingan file menyerupai ini dianggap akan mengatakan akomodasi untuk melaksanakan perubahan format warna.

2. Perhatikan pengaturan ISO

 Kontras warna dianggap akan menimbulkan pengaruh berbeda dari setiap objek yang diambil melal Tips memotret hitam putih semoga terlihat sangat menarik
Anda harus tahu bahwa penggunaan mode hitam putih atau BW pada pengambilan gambar melalui kamera digital biasanya cenderung mempunyai noise yang tinggi. Distorsi menyerupai ini biasanya tampil dengan banyak bintik atau dot dengan bagan hitam putih. Bahkan, bintik atau dot yang muncul biasanya lebih banyak dibandingkan dengan format full color pada mode normal. Hal ini terjadi alasannya adanya integrasi warna orisinil dengan pengaturan pada kamera yang tidak sesuai. Itu akan menciptakan hasil foto terlihat sangat buruk.

Untuk meminimalisir bintik hitam putih yang muncul sebaiknya lakukan pengaturan ISO pada kamera. Beberapa fotografer menyarankan untuk memakai ISO yang sangat rendah untuk menghindari distorsi atau kemunculan dot berlebihan. Semakin rendah pengaturan ISO yang anda gunakan akan mengurangi bintik hitam putih. Namun, hal ini juga diadaptasi dengan kondisi objek utama yang anda ambil.

Pada beberapa kondisi, kemunculan dot atau bintik hitam putih pada foto memang disengaja. Hal ini sering dilakukan oleh para fotografer jurnalistik. Kesan dramatis akan menjadi belahan penting dari konsep foto human interest. Biasanya foto ini juga dilengkapi dengan story dari latar belakang pada foto itu.

3. Andalkan pencahayaan ideal

 Kontras warna dianggap akan menimbulkan pengaruh berbeda dari setiap objek yang diambil melal Tips memotret hitam putih semoga terlihat sangat menarik
Pencahayaan mengambil tugas aktif dalam tips memotret hitam putih. Anda sanggup mendapat hasil foto yang sangat mengesankan tentu saja dengan penggunaan pencahayaan yang ideal. Meskipun pengambilan gambar ini memakai konsep hitam putih, bahwasanya pencahayaan sangat dibutuhkan. Namun, detail pencahayaan menyerupai ini biasanya diadaptasi dengan komposisi yang anda gunakan.

Kesan menarik dan dramatis dari sebuah foto hitam dan putih atau BW akan membutuhkan pencahayaan dari samping. Pengaturan ini sering disebut dengan sidelighting. Beberapa fotografer mencoba untuk menampilkan sisi yang lebih gelap dari objek dengan menempatkan pencahayaan komplemen di sisi lainnya. Mode pencahayaan ini biasanya lebih gampang dilakukan di dalam studio. Namun, jikalau anda akan melaksanakan pengambilan luar ruang cobalah pada waktu siang dan sore hari. Pencahayaan pada waktu itu sangat ideal dan memudahkan pengambilan posisi dari objek utama.

4. Gunakan banyak komposisi

 Kontras warna dianggap akan menimbulkan pengaruh berbeda dari setiap objek yang diambil melal Tips memotret hitam putih semoga terlihat sangat menarik
Komposisi juga mengambil peranan penting dari hasil foto black and white. Biasanya rekomendasi menyerupai ini mengatakan peluang yang cukup besar bagi anda untuk memilih objek ideal. Ada banyak detail komposisi yang sanggup anda gunakan. Namun, penerapan komposisi menyerupai ini juga diadaptasi dengan detail objek yang digunakan. Komposisi yang paling gampang anda gunakan biasanya ketika mengambil gambar landscape. Objek yang ditampilkan akan didukung dengan latar belakang yang menarik. Namun, kesan yang ditimbulkan biasanya tidak terlalu dramatis.

Eksperimen lain yang sanggup anda gunakan dalam detail komposisi menyerupai ini tentu saja berlaku untuk objek lainnya. Misalnya saja anda memakai konsep human interest dengan objek insan di satu lokasi. Gunakan komposisi framing yang melibatkan beberapa detail objek lain di sekitar objek utama. Detail menyerupai ini juga akan menampilkan tekstur black and white yang sangat ideal. Biasanya pengambilan gambar ini mengatakan sisi yang lebih gelap. Warna yang menonjol itu menciptakan detail foto lebih hidup.

5. Perhatikan kondisi sekitar objek

 Kontras warna dianggap akan menimbulkan pengaruh berbeda dari setiap objek yang diambil melal Tips memotret hitam putih semoga terlihat sangat menarik
Kondisi dari sekitar objek juga sanggup menghipnotis hasil foto black and white. Konsep dari foto yang dihadirkan menjadi belahan penting terhadap detail yang diinginkan. Pada ketika anda melaksanakan pemotretan di luar ruang sebaiknya gunakan waktu yang ideal. Biasanya beberapa fotografer selalu mengambil foto BW dengan memanfaatkan situasi mendung. Detail foto ini sanggup dilakukan pada objek landscape. Kesan mendung menambah dongeng dramatis untuk objek yang diambil. Selain itu, anda juga sanggup memanfaatkan waktu ketika matahari terbit dan terbenam semoga detail BW menjadi lebih maksimal.

Tips memotret hitam putih lainnya yaitu dengan memakai objek yang berbeda untuk pengambilan gambar di studio. Objek menyerupai ini biasanya mempunyai desain atau ukuran yang unik. Bahkan, anda juga sanggup memakai model di studio semoga mendapat hasil foto BW yang lebih baik. Detail pemotretan ini akan membutuhkan pencahayaan. Anda sanggup memakai pengaturan lighting komplemen yang ditempatkan di salah satu sisi studio.

6. Konsep human interest selalu menarik

 Kontras warna dianggap akan menimbulkan pengaruh berbeda dari setiap objek yang diambil melal Tips memotret hitam putih semoga terlihat sangat menarik
Untuk mendapat dongeng foto Black and White yang lebih baik tentu saja anda harus memakai konsep yang ideal. Konsep foto menyerupai ini tidak sanggup memakai konsep yang umum. Salah satu konsep yang selalu disarankan biasanya dengan mengambil dongeng human interest. Biasanya objek yang akan anda dapatkan berkaitan dengan tradisi, budaya sampai sosial. Konsep menyerupai ini memang sering menjadi pilihan utama dari fotografer profesional. Anda juga sanggup mencoba untuk melaksanakan pengambilan gambar menyerupai ini. Buatlah konsep yang matang untuk mendapat hasil yang lebih maksimal. Lakukan riset pada objek utama yang akan anda ambil.

0 Response to "Tips Memotret Hitam Putih Semoga Terlihat Sangat Menarik"

Posting Komentar