Cara Menentukan Aperture Lensa Kamera Yang Sempurna Untuk Anda

Cara Memilih Aperture Lensa Kamera yang Tepat untuk Anda. Aperture yaitu lubang yang mengontrol jumlah cahaya yang melewati sensor kamera. Dengan menyesuaikan aperture atau f / stop yang paling sering disebut. Maka, Anda tidak hanya mengontrol jumlah cahaya yang Anda 'kumpulkan'. Tetapi Anda juga memperkenalkan efek pada gambar tamat Anda yang perlu Anda ambil.

Depth of field (DOF, area ketajaman melalui gambar) yaitu yang paling penting. Tetapi menentukan aperture lensa sebuah kamera juga tidak kalah pentingnya. Mengetahui cara kerja aperture lensa kamera Anda akan membantu Anda menciptakan pilihan menurut gosip ihwal apa yang dipakai oleh pengaturan eksposur lain. Dan juga apa efek kreatif atau bahkan kesalahan yang mungkin terjadi dan bagaimana ini akan mensugesti gambar.
Cara Memilih Aperture Lensa Kamera yang Tepat untuk Anda Cara Memilih Aperture Lensa Kamera yang Tepat untuk Anda
Gambar lensa aperture dengan F berbeda

Bukaan lensa kamera

Ini yaitu lubang yang sanggup diatur di mana cahaya melewati jalannya dari subjek. Melalui lensa, ke film (atau sensor digital). Bahkan tanpa lensa, cenderung untuk membentuk gambar terbalik dengan melewati titik sentra ke titik yang sesuai dalam arah yang berlawanan pada film. Dengan lensa, ia juga menghalangi sinar cahaya yang akan melewati jauh dari pusat. Dimana beling lensa mungkin kurang mendekati (biasanya dengan banyak sekali permukaan lingkaran yang gampang dibuat).

Karena setiap kamera mempunyai aperture, biasanya sanggup disesuaikan. Dan kalau tidak, setidaknya mempunyai tepi lensa sebagai aperture, pengaturan ukuran aperture yaitu apa yang biasanya disebut "aperture".

F-stop

Ini yaitu rasio panjang fokus lensa terhadap ukuran aperture. Jenis pengukuran ini dipakai alasannya rasio fokal yang diberikan menghasilkan kecerahan gambar yang sama, membutuhkan kecepatan rana yang sama untuk pengaturan ISO yang diberikan (kecepatan film atau penguatan sensor cahaya yang setara) tanpa memperhatikan panjang fokus.

Iris diafragma atau hanya iris.

Ini yaitu perangkat yang dipakai sebagian besar kamera untuk membentuk dan menyesuaikan aperture. Ini terdiri dari serangkaian pisau logam tipis tumpang tindih yang sanggup berayun ke arah sentra lubang di cincin logam datar. Membentuk lubang sentra yang lingkaran terbuka lebar sempurna.

Jika kamera Anda memakai lensa yang sanggup diganti. Lensa akan mempunyai iris diafragma yang sanggup disesuaikan. Jika kamera Anda yaitu model compact "point-and-shoot" berukuran saku kecil. Terutama model dengan harga lebih rendah, model ini mungkin mempunyai "filter kepadatan netral" daripada iris diafragma. Juga, kalau tombol mode kamera termasuk "M", "Tv", dan "Av". Hampir niscaya mempunyai iris diafragma yang sebenarnya. Ini juga berlaku bahkan pada model kompak kecil. Jika mode dial tidak termasuk ketiga pengaturan ini. Kamera mungkin mempunyai diafragma, atau mungkin hanya mempunyai filter ND.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan niscaya yaitu membaca spesifikasi di buku panduan manual pemilik, atau membaca ulasan profesional rinci. Jika kamera Anda memakai filter ND, kemampuan Anda untuk "menyempurnakan" pengaturan dan mengontrol kedalaman bidang dan efek bokeh akan terbatas pada apa pun yang disediakan lensa rana tetap.

Depth of field yaitu area front-to-back spesifik, atau (tergantung konteks) ruang lingkup area depan-ke-belakang yang tampak cukup tajam. Aperture yang lebih kecil meningkatkan kedalaman bidang dan mengurangi sejauh mana objek di luar kedalaman bidang tidak jelas. Tingkat kedalaman yang tepat dari bidang agak subjektif alasannya fokus turun secara sedikit demi sedikit dari jarak fokus yang tepat, dan perhatian terhadap defocus tergantung pada faktor-faktor ibarat tipe subjek, sumber lain kurangnya ketajaman, dan kondisi penglihatan.

Kedalaman bidang yang relatif besar disebut deep. Sedangkan kedalaman-bidang yang relatif kecil disebut dangkal. Aberasi yaitu ketidaksempurnaan dalam kemampuan lensa untuk memfokuskan cahaya secara tajam. Secara umum, jenis lensa yang lebih mahal dan lebih eksotis (seperti superwides) mempunyai penyimpangan yang lebih parah. Makara kalau Anda menentukan aperture lensa pada sebuah kamera, akan sangat banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan.

Bukaan tidak kuat pada distorsi linier (garis lurus yang muncul melengkung), tetapi sering menghilang ke tengah rentang fokal panjang lensa zoom, dan gambar sanggup dikomposisikan untuk menghindari menarik perhatian ke dalamnya ibarat dengan tidak menempatkan menonjol terperinci lurus garis ibarat pada bangunan atau horizon yang bersahabat dengan tepi bingkai. Dan sanggup dikoreksi dalam perangkat lunak atau oleh beberapa kamera digital secara otomatis.

Difraksi yaitu aspek dasar dari sikap gelombang melewati bukaan kecil yang membatasi ketajaman maksimum semua lensa pada lubang yang lebih kecil. Ini menjadi semakin terperinci melewati f / 11 atau lebih, menciptakan kamera dan lensa yang hebat tidak lebih baik daripada yang begitu-begitu (meskipun kadang kala yang benar-benar cocok untuk kebutuhan tertentu ibarat kedalaman bidang yang besar atau kecepatan rana yang panjang di mana sensitivitas rendah atau filter neutral-density tidak tersedia).

Pahami kedalaman bidang

Kedalaman bidang adalah, secara formal, rentang jarak objek di mana objek dicitrakan dengan ketajaman yang sanggup diterima. Hanya ada satu jarak di mana objek akan berada dalam fokus tepat , tetapi ketajaman menurun secara sedikit demi sedikit di depan dan di belakang jarak itu. Untuk jarak pendek di setiap arah, objek akan menjadi sangat kabur sehingga film atau sensor akan terlalu bernafsu untuk mendeteksi buram. Untuk jarak yang agak jauh mereka akan tetap tampil "cantik" tajam dalam gambar terakhir. Pasangan tanda kedalaman-bidang untuk lubang tertentu di samping skala pengutamaan pada lensa bagus untuk memperkirakan ukuran terakhir ini.

Kira-kira sepertiga dari kedalaman bidang berada di depan jarak fokus, dan dua pertiga berada di belakang (jika tidak memanjang sampai tak terbatas, alasannya itu yaitu fenomena yang berkaitan dengan jumlah dimana cahaya cahaya dari objek harus dibengkokkan untuk berkumpul di titik fokus dan sinar yang tiba dari jarak jauh cenderung menuju paralel).

Apa yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Aperture Lensa Kamera?

Kedalaman bidang menurun secara bertahap. Latar belakang dan latar depan akan tampak sedikit lunak, kalau tidak dalam fokus, dengan bukaan kecil, tetapi sangat kabur atau tidak sanggup dikenali dengan bukaan lebar. Pertimbangkan apakah mereka penting dan harus fokus, relevan untuk konteks dan harus sedikit lunak, atau mengganggu dan harus dikaburkan.

Jika Anda menginginkan buram latar besar tetapi tidak mempunyai kedalaman bidang yang cukup untuk subjek Anda, fokuslah pada bab yang akan menarik perhatian paling banyak, sering kali pada mata. Kedalaman bidang umumnya tampak bergantung pada, di samping bukaan, panjang fokal (panjang fokal yang lebih panjang menawarkan lebih sedikit), ukuran format (film yang lebih kecil atau ukuran sensor menawarkan lebih banyak, dengan perkiraan sudut pandang yang sama, yaitu, panjang fokus setara), dan jarak (ada jauh lebih sedikit pada jarak fokus dekat).

Jadi, kalau Anda ingin depth of field yang dangkal, Anda sanggup membeli lensa super cepat (mahal), atau zoom in dan mengatur bahkan lensa aperture kecil yang lebih kecil terbuka lebar. Tujuan artistik dari kedalaman bidang yaitu untuk sengaja mempunyai seluruh gambar yang tajam atau untuk " crop depth" dengan membuatkan latar depan dan / atau latar belakang yang mengalihkan perhatian.
Nah, itulah sedikit tips bagi Anda yang ingin menentukan aperture lensa untuk kamera Anda. Agar Anda bisa menjadi seorang fotografer yang handal tentunya.

0 Response to "Cara Menentukan Aperture Lensa Kamera Yang Sempurna Untuk Anda"

Posting Komentar